Luwu Utara Kembali Raih Penghargaan Tertinggi Kabupaten Sehat

173
Luwu Utara — Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara kembali meraih penghargaan tertinggi Kabupaten Sehat Kategori Wistara, Selasa (19/11/2019). Penghargaan ini diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kepada Bupati Luwu Utara yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan, Andi Muhammad Nasrum, dalam acara Penganugerahan Swasti Saba di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta.
“Alhamdulillah, ini kali kedua kita mendapatkan penghargaan tertinggi Kabupaten Sehat kategori Wistara,” kata Kadis Kesehatan, Andi Muhammad Nasrum. Menurut dia, penghargaan ini membuktikan bahwa tujuh tatanan kabupaten sehat yang manjadi indikator penilaian telah dilaksanakan dengan baik di Luwu Utara. “Semoga dengan penghargaan ini derajat kesehatan masyarakat kita bisa lebih meningkat,” terangnya.
Ia menambahkan, dua kali mendapatkan penghargaan Wistara membuktikan bahwa masyarakat telah ikut berpartisipasi maksimal dalam mengantarkan Luwu Utara menjadi kabupaten yang sehat. “Semoga raihan Wistara ini bisa berdampak pada menurunnya angka stunting serta angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Luwu Utara. Ini juga menjadi harapan pak Menteri Kesehatan,” tutur Andi Muhammad Nasrum.
Tak hanya itu, ia juga berharap tak ada lagi masyarakat hidup di lingkungan kumuh. “Jangan hanya sekadar mendapatkan piala saja, tapi yang paling penting masyarakat bisa hidup sehat di lingkungan yang bersih, sehingga penghargaan Wistara tetap bisa dipertahankan di masa-masa mendatang,” harapnya. Dalam penyerahan penghargaan ini, ada 177 Kabupaten/Kota yang mendapatkan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat. (LH)