Luwu Utara Tertinggi Capaian Pelayanan KB di Sulsel

40
Andi Zulkarnain. (Foto : ist)
ADVERTISEMENT

Luwu Utara — Pemerintah Kabupaten Luwu Utara berhasil meraih peringkat pertama Capaian Pelayanan KB Tahun 2022 di Sulawesi Selatan alias tertinggi di Sulsel, dengan perolehan sebanyak 3.532 pelayanan KB, dengan rincian 769 pelayanan KB pascapersalinan dan 2.763 pelayanan non KB pascapersalinan.

Hal ini diungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Andi Zulkarnain, Selasa (7/6/2022), di Masamba.

“Berdasarkan data yang masuk, baik secara offline dan online di data aplikasi new-siga milik BKKBN-RI, Luwu Utara adalah kabupaten tertinggi Capaian Pelayanan KB-nya di Sulawesi Selatan,” ungkap Zulkarnain.

Apa strategi dan rahasia DP3AP2KB sehingga bisa mendapatkan capaian tertinggi layanan KB di Sulsel? Zulkarnain membeberkan, pelayanan KB di Luwu Utara dilakukan secara serentak di seluruh kecamatan dan dilaksanaan pada momentum Hari Jadi Kabupaten Luwu Utara.

ADVERTISEMENT

“Khusus di Kabupaten Luwu Utara, kegiatan pelayanan KB gratis secara serentak ini kami lakukan pada momentum HUT Luwu Utara kemarin. Tujuannya agar bisa semarak di semua kecamatan,” terang dia.

Rupanya pelaksanaan pelayanan KB pada momentum HUT Luwu Utara membuahkan hasil yang sangat signifikan. “Berdasarkan data rekapan yang dikirim oleh BKKBN Provinsi, alhamdulillah capaian layanan KB kita jauh di atas daerah lain,” ungkapnya.

Tak lupa ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Penyuluh KB dan Petugas Lapangan KB yang telah melakukan pergerakan dalam kegiatan Gebyar Pelayanan KB. “Terima kasih kepada Penyuluh dan Petugas Lapangan KB,” ucap dia.

Apa yang dicapai Luwu Utara ini mendapat ucapan selamat dari BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan. “Terima kasih banyak kepada Luwu Utara atas capaian pelayanan KB. Luwu Utara yang tertinggi capaiannya,” kata Zulkarnaen mengutip Kepala BKKBN Sulsel.

Pelaksanaan Gebyar Pelayanan KB secara serentak ini juga dilakukan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) IBI. Gebyar Pelayanan KB serentak ini dilaksanakan mulai 18 April – 14 Mei 2022. (LH)

ADVERTISEMENT