Mahasiswa Agribisnis UNCP Fieldtrip ke Malino

1773
Mahasiswa Agribisnis UNCP Fieldtrip ke Malino
ADVERTISEMENT

PALOPO — Sebanyak 23 mahasiswa program studi Agribisnis melakukan kegiatan fieldtrip ke Malino selama 2 hari (21-22 Juli 2018). Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa secara langsung manfaat sosial ekonomi dari pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan. Lokasi yang dikunjungi adalah pasar Malino, hutan pinus, dan kebun buah dan sayur. Selain itu juga mengunjungi destinasi wisata seperti Malino Highland.

Salah seorang dosen pendamping, Ariandi, mengungkapkan bahwa mahasiswa sangat senang dan antusias dengan filedtrip ini. Mereka bisa menyaksikan bagaimana hasil pertanian dijual secara langsung oleh petani kepada wisatawan dan pedagang yang dikenal dengan istilah agrowisata. Selain itu juga juga bisa menikmati pemandangan alam yang asri dan dijaga kelestariannya.

ADVERTISEMENT

Lebih lanjut, ketua Prodi Biologi ini menyampaikan bahwa kegiatan ini bermanfaat pula untuk refreshing mahasiswa di akhir semester. “Terkait dengan biaya, ini sangat terjangkau dan tidak membebani mahasiswa karena transportasi ditanggung oleh kampus, mahasiswa hanya membiayai konsumsi dan akomodasi yang relatif terjangkau oleh kocek mahasiswa, pungkasnya.

Linda, mahasiswa yang duduk di semester 4 mengatakan sangat senang bisa ikut filedtrip ini, bahkan sempat mewawancarai pengelola green house di Malino Highland. Begitupun juga dengan Sri Ulfa Ningsih, mahasiswa asal Wajo ini menyatakan sangat senang bisa filedtrip. “Ini pertama kalinya kami keluar. Semoga kegiatan ini berkelanjutan untuk menambah wawasan mahasiswa sekaligus jalan-jalan di tempat wisata,” tandasnya. (asm)

ADVERTISEMENT