Mahasiswa Graffity IAIN Palopo Undang Direktur Koran SeruYA Pemateri Dasar-dasar Jurnalistik

95
ADVERTISEMENT

PALOPO — Lembaga Pers Mahasiswa Graffity Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo mengundang Direktur Utama Koran SeruYA sebagai pemateri pada pendidikan dan latihan dasar jurnalistik, Jum’at 12 Mei 2023.

Pada kesempatan itu, Chaerul Baderu memaparkan memaparkan beberapa hal diantaranya terkait tugas dan tanggung jawab divisi yang ada pada perusahaan pers.

ADVERTISEMENT

Salah satunya adalah redaktur atau editor yang memperbaiki dan memfilter naskah dari wartawan agar tidak menimbulkan konflik dan supaya berita menarik untuk dibaca. ” Menulis itu memiliki kaidah, apakah sesuai dengan tata jurnalistik, tata bahasa yang baik dan benar sehingga menarik untuk dibaca. Ini adalah tugas editor,” katanya.

Lelaki yang akrab disapa CBD itu juga menjelaskan profesi wartawan itu dijamin oleh undang-undang dan diatur oleh negara. ” Sehingga, ketika bertugas di lapangan ada jaminan keamanan saat melakukan peliputan,” katanya. Wartawan kata dia juga harus tetap memilih tempat atau perusahaan pers untuk dijadikan sebagai tempat bekerja sekaligus tempat belajar. (nad)

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT