Majukan Kesejahteraan Para Petani, Dinas Pertanian Palopo Gelar Pameran

472
ADVERTISEMENT
PALOPO — Demi meningkatkan kesadaran masyarakat kota Palopo untuk mengkonsumsi Buah, sayur dan membantu para petani memasarkan hasil pertaniannya, Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo menggelar kegiatan Pameran Pasar Organik yang dilaksanakan di pelataran kantor DPPP Jalan Veteran, selama 3 hari, dari 5-7 Desember 2019.
Di acara pameran organik ini berbagai kegiatan akan dilaksanakan seperti lomba makan sayur dan buah, bazaar ayam broiler murah dan pameran inovasi pertanian yang berlangsung dari pagi hingga malam hari.
Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo, Andi Bachtiar mengatakan diharapkan melalui acara pameran para petani di Palopo tidak kesulitan lagi dalam memasarkan hasil pertaniannya.
Selama ini banyak petani yang dirugikn oleh tengkulak, hasil pertanian para petani dibeli dengan murah kemudian dijual mahal kepada masyarakat di kota Palopo.
“Pameran ini adalah wadah bagi para petani kita untuk bisa memasarkan hasil pertaniannya, kami harapkan dengan acara ini para petani kita bisa semakin maju dan sejahtera,” ujarnya, Selasa (3/12).
Sementara itu di tempat yang sama, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan Kota Palopo, M Natsir menambahkan di acara pameran ini pihaknya akan memamerkan hasil pertanian dari para petani di setiap kecamatan yang ada dikota Palopo.
Dengan syarat hasil pertaniannya tersebut harus bebas dari pestisida. “Semua hasil pertanian yang dipamerkan di acara ini bebas dari pestisida, agar dapat dikonsumsi dengan baik oleh para pengunjung,” kata Natsir.
Lebih lanjut Natsir menambahkan, di acara ini juga nantinya akan diadakan lomba makan buah dan sayur untuk anak-anak usia dini, tingkat SD, dimana melalui lomba ini, dinas pertanian, peternakan dan pekerbunan kota Palopo ingin mensosialisasikan mengkonsumsi buah dan sayur bagi anak-anak sejak usia muda.
Selain itu juga dalam pameran ini akan menyediakan hasil peternakan berupa ayam dan telur libido. Dimana harga ayam dan telur tersebut dijual dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga ayam dan telur yang ada di pasar.
Adapun di acara pameran ini, setiap pengunjung yang hadir akan diberikan 2 bibit tanaman secara gratis dari pihak panitia. (jun)

ADVERTISEMENT