Mantan Pesepakbola Nasional Jabat Ketua IKA PMDS Palopo

947
Marwal Iskandar terpilih sebagai Ketua IKA PMDS Palopo. (Foto : Ayub Sadega)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Kecintaan dan dedikasi mantan pesepakbola Nasional, Marwal Iskandar terhadap almamaternya Pesantren Modern Datok Sulaiman kembali ia perlihatkan Kamis (5/5/2022).

Meskipun hingga saat ini Marwal masih keliling Indonesia sebagai instruktur pelatih sepak bola, namun pria alumni PMDS angkatan 1988 ini menyatakan kesediaan menjadi Ketua Ikatan Alumni Pesantren Modern Datok Sulaiman Periode 2022-2025.

Kanda -sapaan akrab Marwal Iskandar terbang dari Tangerang Selatan untuk mengikuti Musyawarah Besar (Mubes) X IKA PMDS Putra di Balandai Palopo. Dia terpilih secara aklamasi setelah seluruh alumni mendaulat mantan pemain PSM Makassar tersebut usai dua calon lainnya menyatakan mundur.

“Insya Allah kita akan jadikan organisasi ini sebagai tempat bersilaturahmi sekaligus sebagai wadah pengabdian bersama untuk keberlangsungan dan kemajuan pondok dan para alumninya,” ungkap Marwal seraya mengatakan dihadapan para steering committe yang di Nakhodai Azhar Mustamin Toputiri dan para perwakilan alumni dari setiap angkatan bahwa Pondok PMDS menjadi tempat yang bersejarah sehingga bisa dikenal di blantika sepak bola Indonesia

ADVERTISEMENT

Marwal merupakan gelandang petarung yang gigih. Namanya menghiasi pentas kompetisi terbesar Liga Indonesia dari beberapa klub sepak bola nasional.

Marwal mengawali karir pesepak bola nasional sejak memulai karier pada 1991 di Gaspa Palopo. Lepas dari itu Marwal tercatat pernah berkostum hingga 18 klub ternama di Indonesia

Enam di antaranya adalah PSM Makassar, Persib Bandung, PSMS Medan, Persipura Jayapura, Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya. Saat ini Marwal Iskandar tercatat sebagai instruktur PSSI.

Kebesaran Marwal di lapangan rumput hijau diakui mantan gelandang Persikota, Francis Younga yang dilansir Bolacom.

“Marwal di mata saya adalah tipe pemain yang tak mau kalah dan pantang menyerah. Suatu saat, sebelum pertandingan, ia sedang demam tinggi. Tapi, ia ngotot bermain dan tampil sesuai ciri khasnya,” katanya. (ayb)

ADVERTISEMENT