Mappakkasiwiang ke Kedatuan, Pemda Luwu Utara Serahkan Kerbau dan Hasil Bumi

139
Pemerintah Kabupaten Luwu Utara bersama Kemakolean Baebunta, menghadiri pembukaan Pekan Budaya Tana Luwu 2022 di istana Langkanae Palopo,Senin (17/1/2022). (ist)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Pemerintah Kabupaten Luwu Utara bersama Kemakolean Baebunta, menghadiri pembukaan Pekan Budaya Tana Luwu 2022 di istana Langkanae Palopo,Senin (17/1/2022). Pekan Budaya Tana Luwu akan berlangsung mulai 17 hingga 23 Januari 2022 mendatang.

“Pagelaran pekan budaya seperti ini tentu sangat baik dan mempunyai nilai positif bagi kita serta para generasi penerus,” ujar Suaib Mansur Wakil Bupati Lutra, saat di temui usai pembukaan pekan budaya Tana Luwu.

“Pekan budaya seperti ini kita harapkan mampu menumbuhkan, memelihara, menjaga, dan sekaligus melestarikan budaya kesatuan Luwu di bumi nusantara,” ungkapnya.

Ia mengajak para generasi muda agar menjadikan momentum Hari perjuangan rakyat Luwu mengenang jasa-jasa para pendahulu. “Aksi heroik dan keberanian yang dimiliki para pendahulu kita patut untuk dicontoh lalu kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, utamanya dalam pembangunan daerah kita,” ucapnya.

ADVERTISEMENT

Sementara, Kadishub Luwu Utara Hakim Bukara, yang hadir sebagai Juru bicara Pemda Lutra mengatakan, selain mengikuti pembukaan, Pemda Lutra juga melakukan Mappakkasiwiang ke Datu Luwu dengan menyerahkan Hasil Bumi dan seekor kerbau.

“Mappakkasiwiang ini sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen dan hasil bumi lainnya dari masyarakat Luwu Utara setahun terakhir, dan sebagai simbol hubungan kultural antara Datu Luwu dan Pemda Lutra serta masyarakat lutra pada umumnya,” katanya. (byu/liq)

ADVERTISEMENT