Marketplace Konstruksi Membantu Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

76
Ilustrasi
ADVERTISEMENT

Peran Marketplace Konstruksi Dalam Memajukan Ekonomi Digital Dalam Jual Beli Bahan Bangunan Secara Online

 Meta description:

ADVERTISEMENT

Saatini e-commerce sudah merambah ke dunia roko bangunan, bahkan saat ini sudah ada marketplace konstruksi terpercaya seperti ukur.com. Kehadiran marketplace ini sangat membantu dalam meningkatkan efisiensi jual beli bahan bangunan bagi pembeli maupun penjual.

Marketplace Konstruksi Membantu Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

ADVERTISEMENT

Ketika hendak membeli bahan-bahan konstruksi, orang-orang pasti langsung mengunjungi toko bangunan. Sejak lama toko bangunan menang erat kaitannya dengan toko fisik. Namun tahukah Anda, ternyata saat ini toko bahan bangunan juga sudah tersedia di marketplace online. Oleh sebab itu, yuk kita simak bersama pembahasan lengkap mengenai marketplace konstruksi atau bahan bangunan di bawah ini !

Sekilas Mengenai Marketplace Toko Bangunan

Bagi banyak pengusaha, platform e-commerce adalah cara berbisnis yang sangat menguntungkan. Namun di pasar toko bangunan, penjualan online toko bangunan masih sangat terbatas. Salah satu alasan dari terbatasnya penjualan toko bangunan secara online adalah karena  ukuran dan volume produk di pasar bahan bangunan, beberapa bisnis konstruksi, dianggap kurang praktis dalam logistik ritel online. Mungkin di masa lalu bahan bangunan dan e-commerce B2B tidak berjalan beriringan, karena banyak perusahaan tidak tahu cara menjual bahan bangunan secara online.

Saat ini, sudah waktunya keterbatasan toko bangunan dalam dunia penjualan online harus berubah. Ketika bisnis di semua industri telah beralih ke e-commerce B2B, para pelaku usaha toko bangunan mungkin tidak lagi dapat melakukan perjalanan ke lokasi konstruksi sesering dulu.

Selain itu, belanja online dan penjualan online sudah menjadi hal yang lumrah. Tren ini telah mempercepat penerimaan penjualan dan pembelian peralatan online. Agar tetap sukses, pasar toko bangunan online harus berinvestasi untuk menjadi gesit secara digital dan memperluas penawaran online mereka.

Bagaimana Pasar E-Commerce Dalam Industri Konstruksi Berkembang Dan Apa Artinya Bagi Pasar Toko Bangunan?

Menurut laporan dari Disruption, digital transformation, dan e-commerce in construction Sana Commerce, telah ada pergeseran penting dalam penjualan bahan bangunan dari toko bangunan langsung ke toko bangunan online karena pandemi Covid, dengan 75 persen profesional konstruksi dan pemilik toko bangunan mengatakan mereka akan berinvestasi dalam memperluas penawaran online mereka.

Sekarang saatnya toko bangunan pindah ke pasar e-commerce, dengan 70 persen perusahaan konstruksi dan pemilik toko bangunan percaya bahwa mereka yang tidak mengadopsi cara kerja digital akan gulung tikar, menurut Sana Commerce. Laporan tersebut selanjutnya mengatakan bahwa 89 persen pelaku usaha setuju bahwa digitalisasi akan mengubah cara mereka bekerja.

Bagaimana Pasar Online Mengubah Cara Perusahaan Menjual Produk Bahan Bangunan ?

Saat ini, saluran distribusi bahan bangunan sangat kompleks, dengan titik kontak yang berbeda-beda. Perusahaan konstruksi dan pengrajin sering berhubungan dengan jaringan pemasok atau toko bangunan yang luas, mulai dari produsen material dan merek mereka hingga pengecer dan distributor produsen bangunan.Selain itu, komunikasi antar bisnis toko bangunan dilakukan secara langsung atau telepon, dengan rincian informasi produk dan material masih dikirimkan melalui jalur one to one, sebagian masih melalui layanan jasa pengiriman.

Pasar online menawarkan cara yang lebih efisien untuk menjual dan mendistribusikan bahan bangunan ke pemasok, dealer, grosir, bisnis, toko bangunan dan produsen. Daripada melewati pelanggan dalam rantai distribusi, pasar online memungkinkan toko bangunan dan produsen untuk berkolaborasi dengan mudah dan efisien. Perusahaan dapat memperoleh wawasan pelanggan mereka melalui pengumpulan data, dan dapat bereksperimen dengan kemungkinan penjualan online baru.

EnamTips Untuk E-Commerce yang Sukses di Industri Bahan Bangunan

Bagi para pengusaha bahan bangunan yang ingin memulai atau meningkatkan penjualan online mereka, sekarang adalah waktu yang ideal. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan dalam menjual bahan bangunan secara online.

 1) Berkolaborasi dengan pemasok yang berpengetahuan luas

Berkolaborasi dengan produsen bahan bangunan berpengetahuan adalah kunci sukses pasar e-commerce. Pilih produsen yang dapat menawarkan bantuan operasional dan saran untuk membantu Anda menyesuaikan produk online Anda dengan pelanggan Anda.

 2) Mengembangkanstrategi e-commerce yang efekti fdengan rencana bisnis yang jelas

Rencana bisnis yang jelas untuk strategi e-commerce Anda harus mencakup sasaran dan kriteria untuk melacak dan mengevaluasi kinerja online. Harus ada fase uji coba atau uji coba yang ditentukan, termasuk pengarahan layanan pelanggan, persiapan pemasaran dan kampanye, dan penyiapan analitik.

 3) Tawarkan portofolio mengenai produk yang relevan

Produk yang dijual secara online harus relevan dengan pengguna online. Ini harus mencakup portofolio terfokus dan kriteria seleksi untuk memastikan produk yang dijual sesuai untuk e-commerce. Beberapa pertanyaan untuk dipikirkan meliputi: Bisakah kami menjual rentang premium sebaga ipenawaran khusus online? Apakah kami menjual produk secara online dengan margin tertinggi?

 4) Gunakan konten yang dioptimalkan untuk SEO dan citra visual yang kuat

Konten online harus dioptimalkan untuk SEO, dengan kata kunci untuk memastikan kemampuan pencarian online yang lebih baik. Konten visual yang baik sangat penting untuk platform e-commerce yang sukses. Gambar harus beresolusi tingg idan menarik secara visual. Dengan melihat pilihan gambarp roduk, bahkan video, pembeli merasa yakin bahwa mereka membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

5) Gunakanan alytics untu kmelacak kemajuanp engguna

Analytics memungkinkan bisnis untuk lebih memahami pelanggan mereka. Dengan memulai dengan target berapa banyak orang yang ingin Anda jangkau, bisnis dapat mempelajari lebih lanjut tentang siapa yang membeli dari mereka. Mereka kemudian dapat menyesuaikan pemasaran, layanan pelanggan, dan produk kepada pelanggan.

 6) Dorongulasandenganhalamanulasandanperingkat

Halaman ulasan dan peringkat sangat penting untuk pasare-commerce toko bangunan yang sukses. Ulasan dan peringka tmemberikan peluang unik bagi bisnis untuk menerima umpan balik pelanggan langsung, yang dapat digunakan untuk meningkatkan fitur dank ualitas produk. Ulasan juga meningkatkan kepercayaan pelanggan.

BagaimanaMasaDepanTokoBangunan Online?

E-commerce dalam pasar bahan bangunan diprediksi akan berkembang pesat di Indonesia selama beberapa tahun kedepan, karena pengecer produsen bangunan berupaya meningkatkan aliran pendapatan dan membawa penjualan yang lebih besar tanpa harus memiliki banyak perwakilan di lapangan. Untuk mengikuti perkembangan ini, rencana transformasi digital untuk solusi e-commerce yang efektif adalah kuncinya.

Melalui kerjasama dengan produsen bahan bangunan yang berpengetahuan luas, pengecer dan distributor dapat memiliki akses ke pembelajaran di seluruhi ndustri, riset pasar, dukungan, dan alatp engembangan online. Ini akanmemastikankeunggulanoperasional, sehinggamemudahkanperusahaanuntukterlibatdengangrosir, distributor, danpengecerdalamprosesnya.

MulaiMemasarkandanMenjualProdukBahanBangunansecara Online melalui Marketplace Terpercaya

Seperti yang sudahdijelaskansebelumnya, saatini e-commerce ataupenjualansecara online sudahberkembangcukuppesat. Hal iniditambahlagidengankondisipandemi yang mengharuskan orang-orang untukmembatasimobilitassecaralangsung. Olehkarenaitu, banyak orang yang beralihuntukmelakukankegiatanjualbelisecara online.

Ketikaberbicaratentang e-commerce, pastibanyak di antarakita yang langsungtertujupadapenjualanpakaian, makanan, alattulis, danproduklainnya yang berukurankecil. Namunsaatiniprodukbahanbangunan pun sudahdapatdenganmudahditemukan di e-commerce terpercayayaitu ukur.com. Secaragarisbesar, ukur.com adalahsebuah e-commerce yang berfokuspadakegiatanpenjualandanpembelianbahanbangunan. Di ukur.com, parapengusaha di bidangbahanbangunandankonstruksidapatmemasarkandanmenjualprodukmereka, sementarakonsumendapatmencaridanmembeliproduk yang sesuai.

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkapmengenaimarketplace di bidangbahanbangunan (tokobangunanonline). Berdasarkanpenjelasan di atas, dapatdisimpulkanbahwasaatinikegiatanjualbeli online sudahmenja dipilihanbagi banyak orang terutama arena kemudahandanefisiensiwaktunya. Hal semacaminijugaterjadipada e-commerce bahan bangunanataukonstruksiseperti yang dapatditemukan di ukur.com. Ukur.com terbuktimenawarkanlayanan e-commerce bahan bangunan yang terpercaya, sehinggadapatmenjadipilihan yang tepatbagiAndapenjualataupunpembeliprodukbahanbangunan.

ADVERTISEMENT