Marwal Iskandar Diundang Jadi Pemateri di Workshop S4D Penguatan Pendidikan Karakter Pelajar oleh MGMP Penjas Olahraga Kesehatan Tingkat SMP

59
ADVERTISEMENT

LUWU--Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Luwu menggelar workshop “Penerapan dan Pengenalan Sport For Development (S4D) terkait Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada pembelajaran PJOK.

Workshop ini diadakan di Aula Dinal Pendidikan Kabupaten Luwu di Belopa, sejak 31 Maret hingga 1 April 2021.

ADVERTISEMENT

Kegiatan tersebut diikuti oleh 122 Guru PJOK tingkat SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Luwu, bahkan ada di antaranya yang datang dari Luwu Timur dan Wajo.

Workshop ini menghadirkan Pemateri Nasional yakni Marwal Iskandar yang tidak lain adalah legenda sepak bola Nasional dan sebagai Duta S4D Jerman di Indonesia.

ADVERTISEMENT

Marwal juga dikenal sebagai trainer atau instruktur bagi para Pelatih sepakbola di Tanah Air.

Selain Marwal, nampak hadir juga dr Ahmad Nizar C Noor, yang juga dokter Timnas Sepakbola Indonesia saat ini dengan materi “Penanganan Cedera Olahraga”.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu, Hasbullah mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut. Apalagi saat ini Luwu fokus pada peningkatan mutu guru di semua mata pelajaran, salah satunya mata pelajaran PJOK.

“Sehingga diharapkan dapat menghasilkan peserta didik yang lebih mampu mengembangkan kemampuan dirinya di segala bidang,” ujar Kadisdik Luwu.

Sementara, Ketua MGMP PJOK SMP Kabupaten Luwu Muhammad Fauzan MPd mengatakan, kegiatan tersebut adalah progam kerja yang senantiasa dilakukan secara rutin.

“Bedanya kegiatan kali ini yaitu menghadirkn pemateri Nasional sehingga kita berharap teman-teman guru PJOK mampu memaksimalkan kesempatan ini sekaligus dapat mengimplemntasikan pada proses pembelajaran di sekolah kita masing-masing,” tuturnya.

Marwal Timba Ilmu Instruktur Pelatih di Jerman

Marwal Iskandar merupakan perwakilan Indonesia yang pernah mengikuti Sport For Development (S4D) di Jerman.

Marwal menjadi salah satu dari perwakilan 17 negara yang diundang oleh federasi sepak bola Jerman (DFB) untuk menjalani pelatihan berlisensi setara B UEFA pada Agustus 2019 lalu.

“Saya baru ikut Sport for Development International Expert Training di Jerman Agustus 2019. Dan dari 17 negara saya sendiri dari Asia yang diundang oleh DFB, DOSB (KONI Jerman) dan Kementerian Ekonomi dan Pembangunan Jerman,” jelas Marwal Iskandar saat diinterview salah satu media olahraga nasional saat itu, edisi September 2019.

Mantan pemain PSM Makassar itu menjelaskan bahwa Sport For Development (S4D) itu adalah olah raga untuk pembangunan dan pembentukan karakter.

“Medianya adalah olahraga. Makanya untuk di sekolah itu ada namanya PPK. Penguatan Pendidikan Karakter atau K13.”

“Jadi saya berikan kepada guru-guru PJOK tersebut adalah model latihan dalam prakteknya bagi guru-guru di sekolah SD, SMP dan SMA,” pungkasnya.

(*)

ADVERTISEMENT