Masa Jabatan berakhir Besok, Gubernur Sulsel : Maafkan Saya

135
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — Andi Sudirman Sulaiman akan lepas masa jabatan sebagai Gubernur Sulsel 5 Septembar. Ia akan digantikan penjabat (Pj) Bachtiar Baharuddin. Bachtiar akan dilantik sebagai Pj Gubernur Sulsel di Jakarta oleh Mendagri Tito Karnavian besok, Selasa (5/9/2023). Jelang berakhir masa jabatan, Andi Sudirman mengucapkan perpisahan.

Acara perpisahan digelar di pelataran Masjid Kubah 99 Asmaul Husna, di Kawasan CPI, Minggu (3/9/2023) malam. Perpisahan ini dilakukan usai menutup pameran Pekan Raya Sulsel. Andalan, julukan untuk Andi Sudirman Sulaiman, mengucapkan perpisahan dengan jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tidak lupa, ia meminta maaf kepada jajaran bawahannya itu.

ADVERTISEMENT

Satu per satu kepala OPD memberikan pelukan hangat ke Andi Sudirman. Air mata Andi Sudirman tumpah di bahu kepala OPDnya. “Saya minta maaf, saya terkadang berbeda kepribadian dan kepemimpinan,” ujar Andi Sudirman dibalik suara seraknya. “Saya minta maaf kalau ada salah, saya suka ki semua,” sambungnya.

Usai menutup Pekan Raya Sulsel, Andi Sudirman berjalan diiringi ribuan obor. Tangannya tak pernah lepas dari genggaman sang istri tercinta Naoemi Octarina. Andi Sudirman berjalan melambaikan tangan. Teriakan ‘Andalan’ bergema mengiringi langkah. Andi Sudirman berjalan dari Wisma Negara sampai ke jembatan.

ADVERTISEMENT

Di jembatan, sebuah panggung mini dipersembahkan. Genggaman erat Andi Sudirman mengantar sang istri ke atas panggung. Tak ketinggalan, Pj Sekda Sulsel Muh Arsjad turut mendampingi. Sementara itu, gemerlap obor masih menerangi malam. Kepala Dinas Sosial, Andi Irawan Bintang, tampil spesial. Dirinya didapuk untuk mengenang masa-masa bekerja bersama Andi Sudirman. Andi Sudirman tertawa lepas diatas panggung. Celotehan Andi Irawan Bintang tentang kehidupan dan kerjanya begitu menghibur Andi Sudirman.

“Selama saya jadi Kadis Sosial, kami suka bawa bantuan sama pak Amson. Pernah satu kali saya telfon kepala dinas di Pare-Pare, katanya lagi di tegal. Saya bilang jauh sekali. Ternyata tengah galung (sawah),” cerita Andi Irawan Bintang. Andi Sudirman tertawa tak hentinya menebar senyuman.
Lampion beterbangan di malam penuh makna ini. Andi Sudirman larut dalam suasana. Air mata menetes di pipinya. Satu per satu Kepala OPD datang memeluknya. (*)

ADVERTISEMENT