Masa Pandemi, SMPN 1 Palopo Peringati HGN Secara Sederhana, Sesama Guru Saling Tukaran Kado

79
ADVERTISEMENT
PALOPO–Hari Guru Nasional (HGN) yang setiap tahun diperingati setiap tanggal 25 November, kali ini dilangsungkan di SMPN 1 Palopo secara sederhana di dalam ruangan guru. Hal ini disebabkan, cuaca yang kurang mendukung (hujan) di samping masih dalam suasana pandemi covid-19.
Meskipun dilangsungkan dalam kondisi yang tidak normal, Kepala SMPN 1 Palopo, Suriadi Rahmat SAg MPdI tetap melaksanakannya secara khidmat. Ia membacakan pidato menteri pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim yang menjadi amanat dalam HGN tahun ini.
“Kita tau kondisi sekarang lagi tidak normal, tapi upaya memaksimalkan segala potensi yang ada terus kita lakukan, kalau untuk 100 persen mungkin tidak, tapi Alhamdulillah kita di SMPN 1 mungkin sekitar 90% sudah tercapai,” tandasnya.
Lanjut Suriadi, “dalam kondisi normal pun saya kira tidak ada yang bisa 100 persen, apalagi memang kita lagi dalam kondisi yang tidak normal,” lanjutnya saat ditemui tim Koran Seruya di ruang kerjanya, Kamis 3 Desember 2020.
Kepala SMPN 1 Palopo Suriadi Rahmat saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (3/12/2020). 
Selain melangsungkan upacara, para guru di SMPN 1 Palopo juga melakukan perayaan HGN dengan cara unik, yakni saling bertukar kado satu sama lain.
“Kalau biasanya kita dapat kado dari murid, sekarang sesama guru yang saling bertukar kado, karena proses belajar mengajar saat ini, dilakukan secara daring jadi tidak ada murid yang datang ke sekolah,” ucap Suardi sambil tersenyum.
Selain berbagi keseruan satu sama lain, kepala sekolah juga memberikan reward khusus kepada guru yang dianggap berprestasi karena inovatif. Penghargaan ini diberikan kepada Kepala Perpustakaan, Fatmawati Sumang SPd yang juga merupakan guru pendidik bidang bahasa Inggris.
Fatmawati adalah guru SMPN 1 Palopo yang menjadi salah satu dari dua wakil kota Palopo di tingkat provinsi untuk program Sahabat Ruang Belajar di Makassar.
Demi menjawab tantangan zaman, ke depan Suriadi berharap para guru memiliki semangat yang baru dalam menjalankan aktivitasnya dalam kondisi dan situasi apapun itu. (har/iys)
 

ADVERTISEMENT