Masamba dan Radda Kembali Diterjang Banjir, Begini Prakiraan Cuaca BMKG Hari Sabtu-Minggu Pekan Ini

859
ADVERTISEMENT

LUWU UTARA–Hujan deras yang mengguyur Masamba Kabupaten Luwu Utara membuat banjir datang lagi, pada Jumat petang (1/1/2021) kemarin.

Luapan air akibat pendangkalan dari adanya banjir bandang Juli 2020 tahun lalu membuat kondisi Sungai Masamba kembali berstatus siaga.

ADVERTISEMENT

Sebagian besar wilayah terendam merupakan lokasi yang terdampak banjir bandang tahun lalu.

Dari video amatir yang dilihat Koran Seruya di beberapa postingan di Sosial Media nampak jelas jika air bahkan mencapai lutut orang dewasa dan membuat pengguna jalan di Jalan Trans Sulawesi dekat Masjid Agung Syuhada nampak berhati-hati.

ADVERTISEMENT

Sejumlah jalan, beserta ratusan rumah dan bangunan yang sudah ditinggalkan pemiliknya pascabanjir bandang terpantau ikut mengalami banjir.

Sedangkan di kecamatan Baebunta, aliran Sungai Radda juga meluap.

ADVERTISEMENT

 

Akun Instagram Palopo Info, Sabtu petang (2/1/2021) atau dua jam lalu mengabarkan kondisi kekinian di kawasan tersebut.

“Situasi terkini Jalur Trans Sulawesi, Desa Radda dan Masamba Kab. #luwuutara, Bagi yang melintas harap hati2. Info Netizen,” tulis akun tersebut.

Penanganan Masamba pascabanjir bandang dikabarkan masih terus berjalan.

Pembangunan bendungan sementara belum bisa mengatasi banjir apabila hujan deras terjadi.

Pemerintah kini berencana membangun drainase dengan harapan bisa memperlancar aliran air agar tidak lagi menggenangi permukiman.

Sementara, salah satu pengguna akun Facebook, Shaakera Olshop Masamba yang terjun langsung di lokasi banjir belum diketahui penyebab utama air meluap yang menyebabkan terjadinya banjir.

“Hujan mulai turun sekitar setengah tiga, untuk faktor banjir sendiri, belum saya ketahui apa ini luapan sungai atau ada faktor lain. Saya tidak bisa komen banyak karna saya di lokasi tidak lama karna buru-buru melintas dan tidak sempat menanyakan ke masyarakat sekitar,” ujarnya.

Ramalan BMKG

Dari situs resmi BMKG www.bmkg.go.id dikabarkan, jika kondisi hujan masih akan terjadi di Masamba dan Baebunta pada hari Sabtu dan Minggu ini (2-3 Januari).

Hujan diperkirakan terjadi malam ini pukul 20.00 dan 23.00 Wita dengan intensitas ringan dimana suhu udara berkisar 28 derajat Celcius dan kelembaban 80 persen dan angin bertiup cukup kencang 20 Km per Jam pada pukul 20.00 Wita dan angin bertiup 10 Km per Jam pada pukul 23.00 Wita malam ini.

(iys)

ADVERTISEMENT