Masuk Nominasi Top 40, KemenPAN-RB Verifikasi Hipnoterapi Luwu Utara

412
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat menerima Tim Verifikasi Lapangan Kementerian PAN-RB, Kamis (30/8), di Ruang Kerja Bupati Luwu Utara.
ADVERTISEMENT

Sukamaju — Tim Verifikasi Lapangan (Verlap) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB), Kamis (30/8), melakukan verifikasi terhadap inovasi Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara, Antenatal Care (ANC) Hipnoterapi, yang sebelumnya berhasil masuk ke dalam Top 99 Inovasi Layanan Publik Kementerian PAN-RB.

Masuknya Hipnoterapi ke dalam Top 99 membuka peluang inovasi ini masuk ke dalam Top 40 Inovasi Layanan Publik Terbaik di Indonesia. Sebelum masuk ke dalam Top 40, Tim Verlap Kementerian PAN-RB turun langsung melihat sejauhmana manfaat inovasi ini terhadap masyarakat. Dan yang paling utama, sejauhmana dukungan pemerintah daerah dan bagaimana respon masyarakat terhadap inovasi tersebut.

“Hari ini kita turun ke lapangan untuk memastikan sejauhmana implementasi dari inovasi ini di dalam memberikan manfaat kepada masyarakat,” ujar Tim Verifikasi Lapangan Kementerian PAN-RB, Andi Niartiningsih, saat melakukan visitasi di Puskesmas Sukamaju. Menurut Niartiningsih, inovasi yang masuk ke dalam Top 40 Sinovik nantinya akan mendapat reward atau penghargaan dari Presiden RI.

“Inovasi yang masuk Top 40 Sinovik ini sangat luar biasa. Kenapa? Karena nantinya akan diberikan reward khusus oleh Presiden. Yang paling penting sebenarnya bukan itu, tapi jauh lebih penting adalah bagaimana inovasi ini bisa terus berkembang. Jangan panas-panas tahi ayam, sekian bulan berjalan, eh lama-lama meredup,” terang Niartiningsih. Selain Puskesmas Sukamaju, tim ini juga melakukan visitasi ke Puskesmas Lara, Baebunta.

ADVERTISEMENT

Sebelumnya, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menerima langsung kedatangan Tim Verlap Kementerian PAN-RB di Ruang Kerjanya. Bupati ditemani Kepala BPKAD Baharudddin Nurdin, Inovator ANC Hipnoterapi Anjas Rusli, Kabag Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Muhammad Hadi, serta Kabag Humas dan Protokol Suryadi Djafar.

“Alhamdulillah, dari 2.600 lebih inovasi yang masuk di seluruh Indonesia, ANC Hipnoterapi kini masuk Top 99 Sinovik. Mohon doa dari kita semua, semoga ANC Hipnoterapi ini bisa tembus masuk ke dalam Top 40 Inovasi Layanan Publik Terbaik di Indonesa. Terima kasih atas kerja keras yang sudah kita lakukan secara bersama-sama selama ini,” tutur Indah usai menerima Tim Verlap Kementerian PAN-RB. (LH/HMS)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT