Matangkan Persiapan, SMPN 14 Palopo Gelar Simulasi USBK

53

PALOPO – SMPN 14 Palopo menggelar simulasi ujian semester genap berbasis komputer, Sabtu (18/5/2019). Simulasi ini pertama kali dilakukan SMPN 14 Palopo.

Saat melakukan simulasi, para siswa dibimbing proktor, Hasan dan Teknisi, Aswar Annas. Hasan mengatakan jika ujian berbasis komputer ini paling cocok untuk ujian semester.

“Kami melakukan simulasi untuk siswa kelas 7 dan 8, serta untuk membiasakan mereka dengan pertanyaan di komputer secara langsung. Ujian berbasis komputer ini paling cocok untuk ujian semester,” katanya.

Simulasi Ujian Semester Berbasis Komputer (USBK) dilaksanakan selama satu hari di ruang kelas yang sudah disediakan.

Aswar Anas, mengungkapkan kelebihan dari ujian berbasis komputer selain efesinsi waktu juga menghemat anggaran sekolah.

“Pertama menghemat biaya mengalikan pertanyaan, kedua guru lebih mudah dalam mengoreksi jawaban dan memproses nilai,” tuturnya.

Sementara itu Rabyah, salah satu guru SMP Negeri 14 Palopo mengatakan jika ujian semester genap ini akan di laksanakan pada tanggal 12 juni 2019, selama 10 hari.

“Ujiannya sendiri akan dilaksakan pada tanggal 12 juni 2019 mendatang, kemungkinan akan berlangsung selama 10 hari. Karena ada 10 mata pelajaran yang akan diujikan, dimana tiap harinya akan diuji satu mata pelajaran,” jelasnya.

Walaupun sarana dan pra sarana SMPN 14 Palopo masih kurang, tetapi pihaknya optimis mampu mengelar ujian semester berbasis komputer.

“Untuk sarana seperti laptop dan komputer, memang sekolah kami masih sangat terbatas, namun tidak akan menghalangi proses ujian semester nanti,” katanya. (fit/liq)