Mau Jadi Kasek SMA/SMK? Disdik Sulsel Segera Adakan Seleksi Terbuka

338
ILUSTRASI
ADVERTISEMENT

MAKASSAR–Jabatan Kepala Sekolah (Kasek) tingkat SMA/SMK se Sulsel yang dibawahi Dinas Pendidikan Sulsel akan dilakukan ‘bongkar pasang’ dalam waktu dekat ini. Rencananya, Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel akan melakukan seleksi terbuka pengangkatan Kasek se Sulsel.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Dewan Pendidikan Sulsel bahkan akan dilibatkan dalam seleksi Kasek tingkat SMA/SMK se Sulsel ini. “Kita harapkan seleksi kepala sekolah bisa berjalan secara objektif dan dibuat dengan memperhatikan kompetensi kepala sekolah dari segi kepemimpinan,” ungkap Ketua Dewan Pendidikan Sulsel, Adi Suryadi Culla di Makassar, Rabu (2/9/2020).

Menurut dia, kasek mempunyai peran strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan di tiap sekolah. Jika seorang kasek punya leadership dsn kompetensi yang kuat, maka percepatan peningkatan layanan pendidikan bisa dilakukan.

“Selama inikan tantangan di sektor pendidikan itu samgat ditentukan kepemimpinan kepala sekolah. Untuk mendapatkan kepemimpinan kepala sekolah yang bermutu dan kuat sangat ditentukan melalui proses seleksi yang objektif, bukan didasari oleh kepentingan politik praktis,” urai dia.

ADVERTISEMENT

Adi mengatakan, seleksi pengangkatan kasek inipun sementara digodok perencanaannya oleh Disdik Sulsel. Rencananya akan dibentuk tim independen yang salah satunya melibatkan Dewan Pendidikan dalam proses seleksi.

“Kita mendukung. Sebenarnya ini inisiatif yang muncul bahwa ada perencanaan untuk ada tim independen dalam seleksi. Dengan melibatkan dewan pendidikan dan juga pihak lain yang menjadi mitra. Tapi saya belum tahu selain dewan pendidikan yang dilibatkan nanti,” papar Adi, dilansir KORAN SERUYA dari Sindonews.com.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Meski begitu, dia berharap proses seleksi pengangkatan kasek ini kedepannya bisa menghasilkan pemimpin sekolah yang berkompeten. Sosok yang mampu melakukan pembenahan dan mengakselerasi pencapaian target pembangunan pendidikan.

“Kita harapkan ini nanti bisa berjalan lancar. Tanpa terganggu oleh kemungkinan terjadinya tarik-menarik kepentingan yang bisa saja muncul dalam proses seleksi,” tegas Adi.

Sementara Kepala Disdik Sulsel, Muhammad Jufri belum mau berkomentar banyak terkait rencana tersebut. Kendati begitu, dia membenarkan adanya evaluasi kompetensi dan rekrutmen kasek di Sulsel. “Rencana seperti itu,” kata Jufri.

Dia melanjutkan, keputusan ini belum final dan masih dalam tahap persiapan agar prosesnya lebih matang. (*/tari)

ADVERTISEMENT