Mau Jadi Pelaut Handal, Judas Amir: Lanjutki Sekolah di SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo

96
Walikota Palopo, HM Judas Amir, bersama Ketua TP-PKK Palopo, dr Hj Utiasari Umar, dan Ketua Yayasan SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo, Rustam Lalong
ADVERTISEMENT

PALOPO-Walikota Palopo, HM Judas Amir, mengajak warga dari luar Kota Palopo yang ingin melanjutkan pendidikannya, memilih berbagai sekolah dan perguruan tinggi yang ada di kota ‘Idaman’ ini. Beragam sekolah dengan berbagai keahlian dan perguruan tinggi tersedia di kota ini.

Judas Amir mengungkapkan hal tersebut, saat menghadiri wisuda sebanyak 112 Perwira Niaga Ahli Nautika Tingkat(ANT) IV dan Ahli Teknika Tingkat (ATT) IV SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo di Lapangan Upacara SMK Pelayaran Samudera Palopo, bilangan Balandai, Senin (20/6/2022). Acara wisuda tersebut juga dirangkaikan peresmian Aula Banua oleh Walikota Palopo, HM Judas Amir.

“Kalau mau jadi pelaut handal, ada SMK Samudera Nusantara Utama Palopo. Saya tahu SMK ini, selama menjabat Walikota Palopo, hampir setiap tahun saya menghadiri wisudanya. Sudah banyak lulusannya jadi pelaut,” kata Judas Amir.

Karena sudah banyak mencetak pelaut yang bekerja di berbagai perusahaan perkapalan, baik dalam negeri dan luar negeri, Judas Amir mengaku tidak ragu merekomendasikan bagi warga Palopo atau dari luar Palopo, yang mau melanjutkan pendidikannya ke sekolah pelaut, untuk memilih SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo.

ADVERTISEMENT

“Sekolah ini sudah berhasil melahirkan banyak pelaut. Lulusan sekolah ini tidak sulit mencari pekerjaan, karena sudah dikenal berbagai perusahaan perkapalan. Makanya, saya tidak ragu sama sekali merekomendasikan sekolah ini bagi yang berminat jadi pelaut,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Judas Amir mengapresiasi Ketua Yayasan SMK Samudera Nusantara Utama Palopo, Rustam Lalong, yang dinilainya sukses dan berhasil mendirikan sekolah pelaut tersebut. Bahkan, Judas Amir berharap, semakin banyak orang seperti Rustam Lalong hadir di Kota Palopo, memberikan konstribusi berarti bagi kemajuan Kota Palopo di berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan.

“Sekolah pelayaran milik Pak Rustam Lalong ini, selain telah banyak mencetak pelaut, juga banyak membantu masyarakat kota Palopo. Termasuk berkonstribusi besar terhadap kemajuan pendidikan Kota Palopo, terutama mendukung Palopo jadi kota tujuan pendidikan,” ujar Judas Amir.

Sementara itu, Ketua Yayasan SMK Samudera Nusantara Utama Palopo, Rustam Lalong, dalam laporannya menyampaikan, bahwa sejak SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Kota Palopo didirikannya, hingga saat ini sudah melepaskan banyak alumni yang telah bekerja sebagai pelaut.

“Sudah ribuan taruna-taruni yang sudah menyandang Ijasah Pelaut Tingkat IV sebagai Perwira, pelaut ijasah nautika dan teknika Kapal Niaga, lulusan kami berlayar. Insya Allah,
kami melepaskan lagi sebanyak 152 Taruna/i untuk melaksanakan praktek laut selama satu tahun. Kelebihan dari wisudawan ini bukan untuk menciptakan pengangguran, tapi mengisi lapangan kerja,” katanya.

Diketahui, wisuda sebanyak 112 Perwira Niaga Ahli Nautika Tingkat(ANT) IV dan Ahli Teknika Tingkat (ATT) IV SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo tak hanya dihadiri Walikota Palopo, HM Judas Amir dan unsur Forkominda Kota Palopo. Wisuda tersebut juga dihadiri Pelaksana Harian Kepala Syabandar Kota Makassar, Aprianus Honoki yang hadir mewakili Direktur Perkapalan dan Kepelautan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (jun)

ADVERTISEMENT