Mau Kuliah di Palopo? Ini Beberapa Perguruan Tinggi di Palopo yang Paling Banyak Diburu Calon Mahasiswa Baru

1014
ILUSTRASI
ADVERTISEMENT

HADIRNYA puluhan perguruan tinggi swasta (PTS) dan satu negeri, yakni IAIN Palopo, telah menjadikan Kota Palopo sebagai kota tujuan pendidikan di jasirah utara Sulsel. Tak hanya lulusan SMA/SMK sederajat memilih kuliah di Palopo, tetapi juga pemburu gelar sarjana dari berbagai daerah di interland Kota Palopo seperti dari Provinsi Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah memilih lanjut pendidikan di Palopo.

Beberapa kampus yang jadi pilihan calon mahasiswa baru (Maba) di kota bermotto ‘Idaman’ ini, diantaranya IAIN Palopo, UNCP Palopo, Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo, Universita Mega Buana (UMB) Palopo, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palopo, STISIPOL Veteran Palopo, termasuk berbagai STIKES dan Akademi.

ADVERTISEMENT

Ketua Dewan Pendidikan Kota Palopo, Suaedi menyebutkan, data mahasiswa baru setiap tahunnya yang melanjutkan pendidikan di Kota Palopo berkisar di angka 6.500 orang. “Angkanya kisaran 6.500 orang,” kata Suaedi kepada KORAN SERUYA.

Tanpa merincikan berapa mahasiswa baru dari luar Luwu Raya, Suaedi menyatakan, pilihan mahasiswa baru melanjutkan pendidikannya di jenjang S1 di Palopo karena banyaknya pilihan perguruan tinggi yang telah memberikan jaminan mutu, akreditasi B, dan memiliki program kerjasama dengan berbagai pihak/mitra untuk lapangan kerja.

Tak hanya program S1, tiga perguruan tinggi di Kota Palopo juga sudah membuka program magister. Pertama, IAIN Palopo membuka 3 program magister, yakni
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Studi Hukum Islam, serta program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

Unismuh Palopo juga membuka 1 program pascasarjana, yakni program studi menajemen. Terbaru, Universitas Mega Buana Palopo membuka S2 program studi Kesehatan Masyarakat.

Pengelola kampus di Palopo memang tengah ‘berburu’ mahasiswa baru. Masing-masing perguruan tinggi mematok target mahasiswa yang akan diterima, sesuai
program studi yang dibuka.

Sebut saja, Universitas Mega Buana (UMB) Palopo, misalnya, mematok setiap program studi akan menerima 30 mahasiswa baru atau mencapai kuota 1 kelas. Ada 10 program studi yang dibuka kampus yang dulunya bernama STIKES Mega Buana ini.

“Target kita, 30 per program studi atau sekitar 300 mahasiswa baru untuk 10 program studi. Namun, sejauh ini, sudah ada beberapa program studi yang telah mencapai target,” kata panitia penerimaan mahasiswa baru UMB Palopo, Indra Amanah, Rabu (16/6/2021).

UMB Palpo saat ini memiliki tiga fakultas, yakni Fakultas Kesehatan, Fakultas Bisnis, dan Fakultas Hukum. Untuk Fakultas hukum memiliki Prodi Ilmu Hukum Program Sarjana.

Untuk Fakultas Kesehatan, terdiri dari Ners Program Profesi, Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi, Kebidanan Program Sarjana, Kebidanan Program Sarjana Terapan, Ilmu Keperawatan Program Sarjana, Kesehatan Masyarakat Program Sarjana.

Sedangkan Fakultas Bisnis memiliki program studi jurusan Perdagangan Internasional Program Sarjana, Kewirausahaan Program Sarjana. “Tahun ini juga UMB membuka program magister kesehatan masyarakat dengan target awal 30 mahasiswa,” kata Indra.

IAIN Palopo, sebagai satu-satunya perguruan tinggi berlabel negeri di Kota Palopo, tercatat sebagai kampus yang paling banyak menerima mahasiswa baru setiap tahun. Angka mahasiswa baru yang diterima IAIN selalu diatas 1.000 mahasiswa. Tahun 2020 lalu saja, sebanyak 1.784 calon mahasiswa baru mengikuti seleksi ketat agar bisa diterima kuliah di IAIN Palopo.

Universitas Muhammadiyah Palopo juga salah satu kampus incaran mahasiswa baru, termasuk Unanda Palopo. Dua kampus ini, boleh dikata paling diincar calon mahasiswa baru dari berbagai daerah di Luwu Raya, termasuk dari luar Sulsel. Termasuk kampus lama, UNCP Palopo.

“Khusus UNCP, setiap tahunnya menerima mahasiswa baru diatas 1.000 orang. Termasuk tahun ini, kami berharap tetap bisa menerima mahasiswa diatas angka tersebut,” kata Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru UNCP Palopo 2021, Sunardin.

Sementara itu, Unanda Palopo yang sudah lama digadang-gadang naik status jadi negeri, setiap tahunnya menerima mahasiswa baru diatas angka 1.500 orang. Tahun lalu, Unanda yang memiliki 7 fakultas menerima 1.536 mahasiswa baru. “Tahun ini, targetnya diatas 1.500 mahasiswa baru untuk 7 fakultas,” kata Kabag Humas Unanda Palopo, Nunung Misran dikonfirmasi via ponselnya.

Adapun 7 fakultas yang ada di Unanda Palopo, yakn Fakultas Pertanian, Perikanan, Kehutanan, Wkonomi, Isipol, Teknik, dan Fakultas Hukum. Dari 7 fakultas, beber Nunung, dua fakultas terbanyak menerima mahasiswa baru, yakni Fakultas Teknik dan Ekonomi. Terkhusus Fakultas ekonomi, program studi menajemen terbanyak menerima mahasiswa baru. “Angkanya rata-rata diatas 400 orang mahasiswa baru,” katanya. (iys)

ADVERTISEMENT