Mau Tanam Pohon Cokelat, Dua Warga Luwu Malah Temukan Mortir di Kebunnya

208
Mortir ditemukan warga Luwu. (Dok. Polsek Larompong)
ADVERTISEMENT

LUWU — Dua warga Luwu menemukan satu mortir aktif di kebunnya, Jumat (11/2/2022). Kedua orang itu ialah Jubdin, 69 tahun dan Akram, 42 tahun.

Keduanya merupakan warga Dusun Tarere, Desa Buntumatabing, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu. Mortir tersebut ditemukan saat mereka menggali lobang untuk menanam pohon coklat.

ADVERTISEMENT

Wakapolsek Larompong, Ipda Mulyadi mengatakan saat itu kedua warga tersebut berniat akan menanam cokelat di kebun mereka. Keduanya pun lalu menggali lubang.

Namun, saat menggali lubang, mereka menemukan benda besi aneh. Benda tersebut dipenuhi dengan tanah.

ADVERTISEMENT

“Karena penasaran, dua warga itu membersihkan tanah yang ada di mortir itu. Tapi, keduanya kaget saat mengetahui bahwa yang mereka temukan ialah mortir,” kata Ipda Mulyadi.

Untuk lebih memastikan, Jubdin dan Akram lalu YouTube untuk mengetahui jenis mortir apa yang mereka temukan. “Keduanya melaporkan hal tersebut ke Koramil Larompong,” ujarnya.

“Untuk menghindari bahaya, mortir tersebut disimpan 30 meter dari rumah mereka. Nanti setelah aparat keamanan datang, barulah mereka memberikan mortir tersebut kepada anggota Babinsa,” sambungnya.

Saat ini, mortir yang diduga berasal dari peninggalan zaman Belanda itu diamankan Koramil Larompong. (hwn/liq)

ADVERTISEMENT