Membanggakan, SMPN 4 Palopo Raih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Sulsel

89
Kepala SMPN 4 Palopo, Kartini Alwi saat menerima penghargaan Adiwiyata. (Foto : Dok. ist)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Prestasi membanggakan kembali ditorehkan SMPN 4 Palopo. Salah satu sekolah favorit di Palopo itu berhasil meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Sulawesi Selatan (Sulsel).

Adiwiyata sendiri ialah penghargaan yang diberikan bagi sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan PBLHS (Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah), yaitu aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.

ADVERTISEMENT

Dalam meraih penghargaan Adiwiyata ini, SMPN 4 Palopo mendapat skore 86,70. Adapun indikator sekolah Adiwiyata diantaranya Lingkungan sekolah bersih dan asri.

Selain itu, yang menjadi menilaian dalam administrasi terdiri dari RPP, Silabus, serta semua dokumen yang terkait dalam program kegiatan sekolah harus berlandaskan lingkungan sehat dan bersih.

ADVERTISEMENT

Tak hanya itu, yang menjadi sarana penunjang untuk mendapatkan penghargaan sekolah Adiwiyata ialah kebersihan sekolah, drainase sekolah harus bersih, kompos harus ada, dan pemeliharaan sampah harus dipilah dan yang ingin dibuang.

Kepala SMPN 4 Palopo, Kartini Alwi berharap kedepan, mereka bisa mencapai target maksimal untuk ke tingkat nasional. Selain itu diharapkan kerjasama baik dari stakeholder terkait agar dapat menuju ke Adiwiyata tingkat nasional. (eky)

ADVERTISEMENT