Mendengar Kisah Pilu Tiga Nakes Ditelanjangi dan Ditendang Masuk Jurang, Brigjen Bambang: Kita akan Tumpas KKB Hidup Atau Mati

3952
Suster Gabriela Meilan (alm), dan suster Kristina Sampe Tonapa, dua nakes korban keganasan KKB di Kiwirok, Papua
ADVERTISEMENT
  • KKB Masih Tembaki Helikopter Evakuasi Nakes ke Jayapura

KORANSERUYA.COM–Kasdam XVII/ Cenderawasih, Brigjen TNI Bambang Trisnohadi sangat geram mendengar kesaksian tenaga kesehatan (Nakes) korban kebiadaban teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Dia menegaskan, TNI bersama Polri akan menumpas habis KKB di Kiwirok hidup atau mati.

“Tenaga kesehatan diperlakukan sangat tidak manusiawi, disiksa, bahkan sampai ditelanjangi,” ujar Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Jumat (17/9/2021).

ADVERTISEMENT

“Mereka (KKB) pengecut. Kita akan tumpas mereka, sudah tidak berprikemanusiaan dan keterlaluan. Nakes harusnya dijaga karena mereka garda terdepan melayani masyarakat di pedalaman, jangan disakit, malah disiksa dan diperlakukan seperti binatang,” lanjutnya, geram.

Hingga Jumat (17/9/2021) petang, upaya evakuasi korban keganasan KKB di Kiwirok masih berlangsung. Selain mengevakuasi korban yang selamat, TNI bersama Polri juga akan mengevakuasi sekitar 40 warga mulai tenaga kesehatan, guru, buruh dan warga sipil lainnya dari Kiwirok mengingat daerah tersebut belum kondusif.

Termasuk upaya evakuasi jenazah suster Gabriela Meilan, 22 tahun, nakes yang gugur dalam jurang sedalam 500 meter akibat ulah kejam teroris KKB. “Evakuasi jenazah korban sangat sulit karena berada didalam jurang dengan kedalaman sekitar 500 meter dengan kecuraman sekitar 90 cm. Kondisi cuaca juga menjadi kendala, tetapi diupayakan dievakuasi hari ini dan dibawa ke Jayapura untuk diserahkan kepada keluarganya,” ujar Brigjen Bambang.

Sementara itu, Danrem 172/PWY Brigjen Izak Pangemanan, mengatakan, upaya evakuasi korban mendapat gangguan dari teroris KKB. Helikopter yang membawa sebanyak 10 tenaga kesehatan untuk evakuasi tahap pertama, ditembaki oleh teroris KKB. Namun helikopter tersebut selamat mendarat di di Lapangan Makodam XVII Cenderawasih, Jayapura, Jumat (17/9/2021), sekitar pukul 11.00 WIT. (junias rombe)

ADVERTISEMENT