Menelusuri Kete Kesu, Destinasi Wisata Menyimpan Cerita dan Sejarah Tana Toraja… Yuk Tonton Videonya

19
Kete Kesu adalah salah satu desa adat yang banyak menyimpan cerita dan sejarah Tana Toraja, dari mulai rumah adat serta makam kuno ada di sini.-- foto ist/internet
ADVERTISEMENT

KETE KESU Kesu adalah salah satu desa adat yang banyak menyimpan cerita dan sejarah Tana Toraja, dari mulai rumah adat serta makam kuno ada di sini.

Kete Kesu terletak di Kampung Bonoran Kelurahan Tikunna Malenong, Kecamatan Sanggalangi, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Desa ini memang terkenal dengan pemakaman adat Toraja dimana jenazah diletakan di tebing dan gua yang berada di belakang desa ini. Di sini juga ada beberapa makam yang dianggap sudah modern, yaitu makam yang menggunakan bangunan seperti rumah dan terdapat foto anggota keluarga yang sudah dimakamkan di dalamnya.

ADVERTISEMENT

Selain makam adat, wisatawan juga dapat melihat rumah tradisional Toraja yaitu Tongkonan dengan tanduk kerbau yang tinggi menjulang serta terdapat lumbung di seberangnya. Jika kalian tengah berkunjung ke Kete Kesu, jangan lupa membeli buah tangan yang tersedia di pusat UMKM disepanjang jalan menuju ke makam adat. (putri)

ADVERTISEMENT