Mengenal Akreditasi Kampus, Pertimbangan Utama Memilih Kampus Tujuan

362
Laman website PDDikti
ADVERTISEMENT

Saat ini seleksi masuk perguruan tinggi sedang berlangsung. Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam memilih kampus yaitu Jaminan Mutu dati PT tujuan yang tergambar dari akreditasi yang terdiri dari akreditasi PT dan program studi pilihan. Untuk akreditasi kampus dilaksanakan oleh BAN-PT sedangkan untuk program studi saat ini Sebagian besar telah diambil alih oleh Lembaga akreditasi Mandiri.

Dalam proses akreditasi, BAN-PT menggunakan intrumen akreditasi yang kemudian digunakan untuk menentukan apakah sebuah kampus atau program studi terakreditasi atau tidak memenuhi syarat akreditasi. Untuk sistem pemeringkatan akreditasi sebelum tahun 2018 menggunakan peringkat A, B dan C, sedangkan untuk kampus yang melakukan proses akreditasi setelah tahun 2018 akan menggunakan istilah Unggul, Baik Sekali, dan Baik.

ADVERTISEMENT
Gambaran sistem pemeringkatan akreditasi sebelum tahun 2018 menggunakan peringkat A, B dan C, sedangkan untuk kampus yang melakukan proses akreditasi setelah tahun 2018 akan menggunakan istilah Unggul, Baik Sekali, dan Baik.

Saat ini Kampus masih bisa menggunakan peringkat A, B dan C dan dapat mengajukan konversi ke BAN-PT. Untuk akreditasi C secara otomatis dikonversi menjadi Baik, tetapi untuk B menjadi Baik sekali dan A menjadi Unggul harus mengajukan Istrumen Suplemen Konversi (ISK).

Bagaimana cara mengecek akreditasi sebuah kampus, masyarakat atau calon mahasiswa dapat melakukan pengecekan secara mandiri melalui laman https://pddikti.kemdikbud.go.id. Berdasarkan penelusuran kami di Kota Palopo terdapat beberapa pilihan kampus dengan akreditasi B atau Baik Sekali dan salah satunya adalah Universitas Cokroaminoto Palopo.

ADVERTISEMENT

“Alhamdulillah kami baik secara institusi maupun setiap program studinya telah terakreditasi B dan Baik Sekali. Untuk kampus dan beberapa prodi yang menggunakan sistem akreditasi lama yaitu B dan masih berlaku hingga saat ini yang ini setera dengan Baik Sekali pada sistem pemeringkatan yang baru, tinggal diajukan ISK nya sudah bisa menggunakan Baik Sekali. Silahkan masyarakat bisa mengecek di laman PDDIKTI, disana informasinya terbuka untuk masyarakat sebagai pertimbangan utama dalam memilih kampus. Disana terlihat berapa dosennya, jumlah mahasiswa persemesternya,” Papar Irwan Ramli, Ph. D, wakil rektor bidang akademik UNCP pada saat dikonfirmasi.

Selain akreditasi yang menjadi pilihan Utama dalam pemilihan kampus, beberapa pertimbangan lainnya yaitu biaya kuliah yang terjangkau. Universitas Cokroaminoto Palopo telah menggunakan sistem baru soal pembayaran biaya kuliah. Sistem itu adalah Biaya Kuliah Tunggal (BKT) atau uang kuliah tunggal. BKT sangat membantu, karena dibayar per semester atau tiap enam bulan. Sistem ini tidak lagi membebankan mahasiswa untuk bayar biaya tambahan seperti Ujian Akhir Semester, Proposal, Skripsi, KKN, Wisuda dan lain-lain. Untuk meringankan beban mahasiswa BKT ini dapat diangsur.

ADVERTISEMENT

Penelusuran lain mencatat Universitas Cokroaminoto Palopo menjadi perguruan tinggi terbaik pertama di Luwu Raya dan menempati rangking enam terbaik se Sulawesi Selatan berdasakan penilaian 4ICU Unirank tahun 2022.

Kampus kuning sebutan lain Universitas Cokroaminoto Palopo, memiliki tiga gedung belajar di tempat yang berbeda. Gedung utama rektorat di Jalan Latamacelling, gedung kedua di Jalan Sungai Rongkong dan gedung ketiga di Jalan Anggrek. Semuanya bertempat dalam satu Kota Palopo. Sarana penunjang berlajar ada laboratorium, jaringan internet, perpustakaan, transportasi, tempat ibadah, dan fasilitas olahraga. (*)

ADVERTISEMENT