Mengenal Lebih Dekat Kepala Sekolah Andalan SMKN 2 Palopo 

380
ADVERTISEMENT

PALOPO–Mungkin belum banyak yang tahu, kalau Kepala SMKN 2 Palopo, Nobertinus, pria kelahiran 11 Desember 1958 adalah alumni SMKN 2 Palopo pada tahun 1987, dimana saat itu sekolah ini masih dikenal dengan nama Sekolah Teknik Menengah (STM).

Menamatkan pendidikan dasar di SD Tomoni pada tahun 1981, Nobertinus kemudian melanjutkan pendidikannya ke sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMP Mangkutana dan tamat pada tahun 1984. Setelah itu Nobertinus melanjutkan pendidikan di STM Palopo yang saat ini dikenal dengan SMKN 2 Palopo dan tamat pada tahun 1987.

Setelah menyelesaikan pendidikan di STM Palopo , Nobertinus kemudian melanjutkan pendidikan di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika (PPPPTK-BOE)-Vocabulary Education Development Center) Malang dengan mengambil Program Diploma 3 Jurusan Survei Pemetaan selama 4 tahun sampai tahun 1991.

Lulus dari PPPPTK BOE VEDC Malang, Nobertinus yang akrab disapa Nober ini akhirnya kembali ke STM Palopo dan mengabdi menjadi guru honorer untuk mata pelajaran Survei Pemetaan selama 2 tahun dari tahun 1992 hingga 1994.

Dua tahun mengabdi sebagai guru honorer, Nobertinus akhirnya diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS) dan terus mengajar di sekolah itu selama 12 tahun sampai tahun 2006.

Karena karirnya sebagai guru di SMKN 2 Palopo yang cukup baik, Nobertinus dipindahkan ke SMKN 3 Palopo dan menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah, mendampingi Nompo yang saat itu menjabat Kepala SMKN 3 Palopo. Nompo adalah Kepala sekolah pertama, sejak berdiri pada tahun 2006 .

Selama 10 tahun menjabat sebagai Wakasek dari tahun 2006 hingga 2016, akhirnya Nobertinus yang juga hobi takraw dan sepak bola ini dipercayakan oleh Pemerintah Kota Palopo untuk mengelola SMKN 7 Palopo dan menjabat sebagai kepala sekolah pertama di sekolah yang berdiri pada Juli 2017.

Di sana Nobertinus mengelola sekolah ini selama 1 setengah tahun dari 2016 hingga 2017 dengan jumlah siswa yang pada tahun pertama hanya 47 orang hingga tahun 2017 sudah berjumlah 107 orang.

Kemudian pada akhir tahun 2017 , Nobertinus dipindahkan dari SMKN 7 Palopo dan kembali ke SMKN 2 Palopo menjabat sebagai kepala SMKN 2 Palopo menggantikan Samsuddin yang saat itu menjabat sebagai Kepala SMKN 2 Palopo dari tahun 2016 hingga 2017.

Soal keluarga, Nobertinus saat ini telah dikaruniai 4 orang anak, yakni 1 orang putra dan 3 orang putri, buah pernikahannya dari istrinya, Rina Palute.

Sefrinus Patoding anak pertamanya, Alumni UIT Makassar saat ini mengabdi sebagai dosen di STIKES Datu Kamanre, Belopa.

Sementara anak keduanya bernama Imelda Nobertinus, anak ketiga bernama Rispayanti saat ini masi menempuh pendidikannya di Universitas Andi Djemma, sementara anak keempat bernama Ega Nobertinus saat ini saat ini berada dalam bangku SD. (jun)

ADVERTISEMENT