Menolak Menyerah, Penyandang Disabilitas di Luwu Bentuk Band

226
Netra Band. (ist)
ADVERTISEMENT

LUWU — Sejumlah penyandang tunanetra di Kabupaten Luwu, yang tergabung dalam Netra Band, memiliki kemampuan yang luar biasa. Bagaimana tidak, Netra Band saat memainkan alat musik mampu menarik perhatian pendengarnya.

Selain mahir dalam memainkan alat musik, mereka juga mempunyai suara yang merdu sehinga mereka seringkali mendapat job untuk manggung ketika ada hajatan warga.

Netra Band, merupakan anak binaan dari Sekolah Luar Biasa (SLB) AL-IMAM Luwu, yang beralamatkan di Dusun Rewang, Desa Buntu Karya, Kecamatan Ponrang Selatan.

Kepala Sekolah SLB AL-IMAM Luwu, Hasdiana, yang selama ini membina penyandang tunanetra tersebut mengatakan Netra Band, merupakan inisiatifnya sendiri sebagai bentuk kepeduliannya terhadap anak berkebutuhan khsusus.

ADVERTISEMENT

Ada 5 ketunaan yang mereka bina. Salah satunya tunanetra yang saat ini dibuatkan Netra Band dimana semua personel adalah penyandang tunanetra

Band ini berdiri dari hasil usaha SLB AL-Imam dibantu beberapa orang yang peduli dengan para penyandang disabilitas.

SLB AL IMAM, saat ini membina sebanayak 94 anak netra dan 15 tunanetra dan semuanya bersekolah di SLB Al Imam Luwu.

Hasdiana, mempunyai keinginan untuk mensejahterakan anak-anak disabilitas seperti anak pada umumnya. Dia ingin membuktikan bahwa anak disabilits bukan kekurangan tapi sebuah kesyukuran untuk melahirkan sebuah karya.

Netra Band, seringkali diundang oleh masyarakat yang sedang menggelar hajatan kemudian hasil yang didapatkan dari penampilannya itu digunakan untuk memebuhi kebutuhan sehari-hari mereka di SLB AL-IMAM Luwu. (hwn)

ADVERTISEMENT