Menteri Sosial Bakal Kunjungi Luwu Utara

730
ADVERTISEMENT

LUTRA – Menteri Sosial Republik Indonesia, Agus Gumiwang, rencananya akan mengunjungi Kabupaten Luwu Utara pada 18 Oktober 2018 mendatang. Kedatangan orang nomor satu di Kementerian Sosial tersebut dalam rangka menghadiri acara Social Peace Camp (SPC) yang merupakan puncak acara dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI di Luwu Utara.

Kegiatan ini bagian dari Sinergitas Program Pengentasan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial dalam Mewujudkan Indonesia Damai dan Sejahtera.

ADVERTISEMENT

“Insya Allah, Menteri Sosial, Agus Gumiwang, akan hadir saat puncak acara Social Peace Camp,” ungkap Kasubdit Pemulihan dan Reintegrasi Sosial Kemensos, Syafei Nasution, dalam Rapat Persiapan Kunjungan Kerja Menteri Sosial yang juga dihadiri Sekda Abdul Mahfud, pekan lalu, di Ruang Rapat Wakil Bupati.

Rencananya, Agus Gumiwang akan melakukan serangkaian kegiatan di acara Social Peace Camp, di antaranya meresmikan Rumah Adat Katokkoan Masamba sekaligus makan siang bersama di rumah adat tersebut.

ADVERTISEMENT

“Kami punya konsep di acara puncak nantinya dengan menghadirkan tidak kurang dari 500 orang. 300 lokal, dan 200 dari luar daerah. Mereka nantinya akan berpakaian adat, termasuk para pejabat juga berpakaian adat,” terang Syafei.

Apa yang disajikan pada puncak acara Social Peace Camp dengan menghadirkan ratusan masyarakat berpakaian adat adalah upaya pemerintah merubah mindset penyelesaikan konflik.

ADVERTISEMENT

“Kita ingin merubah mindset bahwa penyelesaian konflik tidak lagi dengan pendekatan keamanan, melainkan dengan pendekatan pranata adat. Tugas kepolisian menghentikan konflik, tapi tugas pranata adat adalah menyelesaikan akar masalahnya,” terang Syafei.

“Mari kita tunjukkan bahwa Luwu Utara sangat kental dengan kearifan lokalnya,” pungkas Syafei Nasution. Ada 8 kegiatan yang akan dilakukan mulai 16 – 19 Oktober, yaitu jembatan persahabatan, harmonisasi goes to school, launching Program Keserasian Sosial dan Kearifan Lokal, launching gerbang PKH pintar, Kampung Siaga Bencana, bantuan rutilahu, bantuan KUBE, dan Social Peace Camp. (lh/liq)

ADVERTISEMENT