Menuju KTP Digital, Kadis Dukcapil Luwu Utara Minta Warga Persiapkan Email dan Nomor HP Aktif

174
Suasana pengurusan KTP di Disdukcapil Luwu Utara. (Foto : Anto SeruYA)
ADVERTISEMENT

LUTRA — KTP digital bakal diterapkan di seluruh Indonesia, termasuk di Luwu Utara. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Luwu Utara, Nakica.

Untuk itu, Nakica berpesan kepada masyarakat Luwu Utara yang ingin mengurus KTP, Kartu Keluarga (KK) dan akte kelahiranagar mempersiapkan email dan nomor handphone.

ADVERTISEMENT

“Email dan nomor HP yang masih aktif. Sebab, ini salah satu syarat untuk mempermudah operator kami mengolah data yang akan dikirimkan ke pusat guna mengaktifkan KTP digital nantinya. Cukup satu email saja yang dipakai agar dapat mempermudah server kami mengolah data,” kata Nakica.

“Saat ini kita masih menunggu dari pusat, sebab masih ada daerah lain yang belum lengkap datanya. Jika tidak ada kendala, bulan Mei ini tahun ini sudah diterapkan KTP digital. Ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan publik atau privat bagi masyarakat,” sambungnya.

Dengan diterapkan KTP digital, tidak dikhawatirkan lagi data kependudukan rusak atau hilang. Sebab data tersebut telah tersimpan dalam aplikasi di HP.

“Makanya itu, saya sampaikan kepada masyarakat Luwu Utara sekali lagi agar mempersiapkan email dan no HP yang masih aktif apabila ingin melakukan kepengurusan di Dukcapil dalam waktu ini dan seterusnya,” pesan Nakica.

Bagi masyarakat yang sudah membuat identitas digital, maka mereka tidak perlu lagi memegang KTP-el secara fisik. Sebab KTP digital tersimpan di dalam HP.

Dengan adanya KTP digital mempermudah kepengurusan membuka rekening Bank dan telah bisa melakukan transaski di HP atau belanja. Jadi cukup kita menggunakan QR code KTP digital di ponselta masing-masing,” pungkasnya. (anto)

ADVERTISEMENT