Menuju Verifikasi KKS 2023, Kebersihan di Palopo Harus Dijadikan Kebutuhan

51
Ketua Forum Kota Sehat, dr Hj Utia Sari Judas memberi arahan pada rapat persiapan pelaksanaan Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tahun 2023 bersama tim pembina Kota Sehat. (Foto : Dok. Pemkot Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Ketua Forum Kota Sehat, dr Hj Utia Sari Judas memberi arahan pada rapat persiapan pelaksanaan Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tahun 2023 bersama tim pembina Kota Sehat. Rapat itu dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda Kota Palopo, Rabu (20/7/2022).

Dalam arahannya Hj Utia Sari Judas yang juga ketua TP PKK Palopo menyampaikan agar selalu bersama-sama bekerja ikhlas, kekompakan yang harmonis tetap terjaga sehingga kegiatan apapun yang dilaksanakan akan menhasilkan hasil yang maksimal.

ADVERTISEMENT

“Persiapan Kota sehat ini harus dimulai dengan kebersihan dari masing-masing kantor, agar menjadi contoh bagi yang lain dan bagi Masyarakat kita,” tuturnya.

Dia juga menginstruksikan melalui Camat agar Lurah, RT dan RW sebelum tanggal 17 Agustus diadakan penilaian kebersihan antar Kelurahan. Hal ini nantinya meminimalisir pemandangan yang tidak diharapkan seperti adanya tumpukan sampah di dekat rumah warga, rest area, sekolahan dan tempat-tempat keramaian lainnya. Harapannya dengan bersihnya lingkungan akan berdampak baik juga bagi kesehatan.

ADVERTISEMENT

“Sudah menjadi tugas kita agar Kota Palopo bersih, sehat dan nyaman untuk dikunjungi. Kewajiban Pemerintah menciptakan kota yang sehat dan tetap mempertahankan pencapaian-pencapaian yang telah ada, saya juga berpesan agar lurah, RT dan RW memberikan kesadaran kepada warganya agar kebersihan lingkungan sekitar kita dijadikan kebutuhan, dengan tidak adanya lagi sampah yang berserakan,” tutupnya.

Senada dengan itu Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ilham, SE juga mengatakan semua lokus ini harus segera dikunjungi, melihat progres dan sejauhmana hasil yang didapatkan.

“Semua dinas terkait agar saling berkoordinasi untuk persiapan verifikasi nantinya juga dokumen-dokumen yang dibutuhkan terkait pelaksanaan Kota Sehat harus secepatnya selesai demi kelancaran kegiatan,” jelasnya.

Adapun tahap persiapan penilaian kota sehat Kota Palopo tahun 2023 yakni Persiapan Lokus, Persiapan Tim pembina, Persiapan Forum Kota Sehat (konsil kecamatan, Satgas kelurahan sehat), Verifikasi Lapangan.

Juga pada pada persiapan kali ini, Kota Palopo menggunakan sembilan tatanan Kesehatan diantaranya meliputi pemukiman sarana dan prasarana sehat, Kawasan tertib lalu lintas dan transportasi, Kawasan pariwisata sehat, Kawasan industri dan perkantoran sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat yang sehat mandiri, Kehidupan sosial yang sehat. (yonk)

ADVERTISEMENT