Meski Berpenghasilan Rp8,8 Miliar per Tahun, Youtuber Alip Ba Ta Tetap Bekerja sebagai Operator Forklift

53918
Youtuber Alif Gustakhiyat alias Alip Ba Ta
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Pencinta musik terutama gitar di jagat maya tidak asing lagi dengan Alip Ba Ta. YouTuber bernama asli Alif Gustakhiyat ini telah menghebohkan musik Indonesia hingga internasional lantaran kemampuannya dalam bermain gitar akustik.

Sejumlah musisi ternama telah mengakui kepiawaian Alip Ba Ta dalam bermain gitar. Mulai dari Queen, Dragon Force, hingga Avenged Sevenfold. Bahkan, produser Amerika Serikat pun sempat terkesima dan ingin memboyongnya ke Miami untuk unjuk gigi.

ADVERTISEMENT

Pria asal Ponorogo, Jawa Timur ini ternyata dari keahliannya memetik gitar, mampu meraup penghasilan sebesar Rp8,8 miliar per tahun. Pundi-pundi rupiah tersebut ia dapatkan dari berbagai konten YouTube-nya.

Hingga September 2021, channel YouTube Alip Ba Ta telah h memiliki 4,94 juta subscribers. Padahal dia baru mengunggah 106 video, namun pengikutnya sangat fantastis dengan rata-rata bisa 2 juta viewers.

ADVERTISEMENT

Sebut saja, salah satu videonya saat membawakan ulang lagu My Heart Will Go On dari Celine Dion telah ditonton 3,5 juta kali. Begitu juga dengan lagu Kiss the Rain dari Yiruma sudah ditonton 4,3 juta kali.

Merujuk data dari Social Blade, terhitung September 2021, dia telah memperoleh estimasi pendapatan mingguan sebesar USD 758 hingga USD 12,1 ribu atau setara Rp10,78 juta hingga Rp 172,13 juta.

ADVERTISEMENT

Untuk hitungan 30 hari terakhir, kanal YouTube milik Alip Ba Ta dapat meraup penghasilan sebesar USD 3,2 ribu hingga USD 52 ribu atau Rp 45,5 juta hingga Rp739,76 juta. Merujuk data tersebut, jika dikalkulasikan dalam setahun, pendapatan Alip Ba Ta berkisar di angka USD 39 ribu hingga USD 623 ribu atau senilai Rp554,8 juta hingga Rp8,8 miliar.

Siapa sebenarnya Alip Ba Ta? Pria berusia 32 tahun yang bermain gitar ala fingerstyle sebenarnya berprofesi sebagai operator forklift di sebuah perusahaan di Pulogadung. Dia mulai dikenal setelah video bermain gitarnya mencuri perhatian publik setelah diunggah melalui kanal Youtube miliknya dengan nama kanal Alip_Ba_Ta pada tahun 2018.

Yang menarik dari Alip Ba Ta, meski saat ini memiliki ‘gaji’ milaran dengan bermain gitar secara otodidak, dia tetap hidup sederhana. Sehari-hari dia masih bekerja di sebagai sopir forklift di kantornya.

Dia juga tetap bermain gitar dengan background video yang polos. Namun rupanya, hal tersebut menjadi ciri khas dia sampai video unggahan terakhir tidak ketinggalan ada juga asbak dan secangkir kopi menemani setiap penampilannya. (liq)

 

ADVERTISEMENT