Meski Letaknya Jauh, 90 Persen Pelajar SMPN 14 Palopo Tetap Aktif Ikuti PJJ Daring

38
Guru Wali Kelas SMPN 14 Palopo dan orangtua siswa
ADVERTISEMENT

PALOPO–Tingkat partisipasi aktif peserta didik di SMPN 14 Palopo selama hampir 1 bulan periode semester genap cukup memuaskan.

Hal itu diutarakan Kepala SMPN 14 Palopo, Drs Arifin Juma kepada Koran Seruya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, 27 Januari 2021.

ADVERTISEMENT

Arifin Juma mengatakan kepuasan tersebut berkat kerja tim para tenaga pendidik di SMPN 14 Palopo yang pro aktif.

“Guru disini kebanyakan masih muda, jadi semangatnya masih tinggi,” kata Arifin Juma.

ADVERTISEMENT

“Setiap mengajar guru mapel dan walikelas saling tukar informasi, terkait keaktifan siswa,” lanjut kepala sekolah yang lembaganya berada di kecamatan Telluwanua itu.

Mantan Kepala SMPN 13 itu juga mengungkapkan, dari jumlah 225 orang siswa, 90 persen diantaranya aktif mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) via daring, sementara selebihnya mengikuti proses pembelajaran luring karena keterbatasan akses.

“Kurang lebih 10 persen yang masih luring, karena tidak punya hp android, ada juga yang punya hp android tapi terkendala untuk beli kuota,” ungkap Arifin.

Sebagai solusi, Arifin Juma biasanya melakukan kunjung rumah siswa, bersama beberapa guru di SMPN 14 Palopo.

“Biasanya yang kurang aktif ikut pembelajaran kita kunjungi langsung, selain memberikan materi belajar, sebagian kita dengarkan keluhannya dan kita kasih solusi,” bebernya.

“Ada yang sampai mengerjakan 4 materi baru dikumpulkan, tapi sebagai guru kita paham, apalagi sekarang Corona, kita kasih kebebasan, selama murid tidak semena-mena,” pungkasnya. (har)

ADVERTISEMENT