Miliki Beragam Literatur, E-book Diklaim Tingkatkan Minat Baca di Palopo

103
Pustakawan Dinas Perpustakaan Palopo, Nurnaningsi. (Foto : Haswan Seruya)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Minat literasi di Kota Palopo, cukup besar. hal itu diungkapkan Nurnaningsi, Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Palopo,

Indikasi itu dapat dilihat dari Dinas Perpusatakaan Kota Palopo yang sering ramai didatangi Pelajar dan Mahasiswa setiap harinya. Dari situ dia mengambil kesimpulan bahwa minat literasi di Palopo masih sangat besar.

ADVERTISEMENT

Dia mengatakan pihaknya mempunyai cara tersendiri menarik perhatian masyarakat Palopo untuk meningkatkan minat baca.

“Kalau minat baca di Kota Palopo ini Cukup besar, apalagi Palopo, termasuk Kota Pendidikan setelah Makassar,” katanya Rabu (8/12/2021).

Dia menyebut salah satu program untuk memancing minat baca masyarakat Kota Palopo, yaitu eletronik Book (E-book) dimana program tersebut dapat memudahkan Pelajar/mahasiswa mendapatkan literatur sesuai yang mereka inginkan.

“Program E-book ini kami sajikan secara gratis untuk siapa saja yang datang untuk mencari literatur yang mereka perlukan,” ungkapnya.

“Alhamdulillah koleksi buku yang ada di dinas Perpustakaan Kota Palopo, cukup banyak membantu pelajar dan mahasiswa kita yang ada di Kota Palopo, terutama kami selalu meninjau apa yang mereka butuhkan setiap tahunnya,” katanya.

Tak hanya itu dia juga mengatakan Pojok baca digital (Pocadi) saat ini sudah ada di Kota Palop, Letaknya di taman baca Kota, namun saat ini belum Launching.

“Kita juga sudah ada pocadi, cuma kami belum launching, karena masih ada beberapa yang harus di benahi, disana nanti ada berbagai fasilitas untuk meningkatkan literasi di Kota Palopo ini” jelasnya.

Dia berharap dukungan pemerintah Kota Palopo agar Dinas Perpustakaan Kota Palopo dapat membantu memajukan literasi di Kota bermotto idaman ini.

“Harapan kami dari Dinas Perpustakaan adalah dukungan dari pemerintah Kota Palopo agar Dinas Perpustakaan ini bisa lebih maju bisa lebih berkembang, agar bisa menyamai Kota Makassar, minimal kita bisa bersainglah karena kita sama-sama sebagai Kota Pendidikan,” tandasnya. (hwn/liq)

ADVERTISEMENT