Miliki Riwayat Penyakit Lain, 3 Pasien Positif Covid-19 Asal Palopo Meninggal Dunia di Makassar

2861
ilustrasi.
ADVERTISEMENT

PALOPO–Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo melalui Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Palopo, dr Ishak Iskandar, menyampaikan, ada tiga pasien positif covid-19 asal Kota Palopo, Sulsel, yang dirawat di Makassar, meninggal dunia.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

dr Ishak kepada media ini, menyebutkan, 3 pasien tersebut masing-masing perempuan berinisial F (53), warga Luminda, dan dua lelaki berinisial D (77), warga Patene, LK (54) warga Surutanga Palopo.

“Ketiga pasien ini meninggal dunia saat menjalani perawatan medis di Kota Makassar. Mereka meninggal dunia hanya berselang beberapa hari saat dirawat di Makassar,” jelas dr Ishak, Jumat (24/7/2020).

Dikatakan, tiga pasien ini positif covid-19 sehingga dirujuk ke Makassar untuk mendapatkan perawatan medis intensif. Namun demikian, ketiga pasien ini memiliki riwayat penyakit lain, selain covid-19.

ADVERTISEMENT

“Ada riwayat penyakit lain. Namun, ketiga pasien ini positif covid-19 sesuai hasil TCM di RSUD Sawerigading Palopo sehingga dirujuk ke Makassar,” katanya, seraya menegaskan, pihaknya siap mempertanggungjawabkan hasil TCM ketiga pasien tersebut yang dinyatakan positif covid-19.

Hingga saat ini, kasus positif covid-19 di Kota Palopo tercatat sebanyak 43 orang. Dari 43 orang tersebut, sudah 29 orang sembuh dan kembali ke rumah, 3 meninggal, dan masih 11 orang dalam perawatan.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Dikatakan dr Ishak, penyampaian paparan data pasien covid-19 ini tidak bermaksud menakuti masyarakat atau membuat panik masyarakat. Namun sebaliknya, dengan pemaparan data tersebut, imbuh dr Ishak, masyarakat diharapkan lebih mematuhi penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19, seperti mengenakan masker saat beraktivitas diluar rumah, rajin cuci tangan, tetap menjaga jarak.

“Harapan kita, pemerintah bersama masyarakat saling bahu membahu untuk memerangi penyebaran covid-19, sehingga Kota Palopo kembali ke zona hijau,” katanya. (iys)

ADVERTISEMENT