Monitoring Proyek di Empat Titik, Komisi II DPRD Palopo Cermati Kualitas Pekerjaan Rekanan Dinas PUPR

359

PALOPO–Sedikitnya enam orang anggota Komisi II DPRD Palopo menyambangi sejumlah lokasi proyek Tahun Anggaran 2019 yang ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kota Palopo, Kamis 9 Januari 2020.

Ada empat titik di dalam kota Palopo yang menjadi sasaran monitoring Komisi II kali ini, yakni Basecamp RTH Pancasila, Pedestrian Jalan Andi Kambo dan Jalan Opu Tosappaile, serta proyek pengaspalan di Temmalebba Kecamatan Bara.

Keenam wakil rakyat ini, minus sang ketua komisi, Angga Bantu yang sedang terpapar sakit – terlihat didampingi Ibnu Rus, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Palopo yang juga Pejabat Pembuat Komitmen alias PPK proyek tersebut.

Pertama-tama, rombongan mendatangi Proyek Basecamp yang ada di kawasan lapangan Pancasila, Jalan Muhammad Hasyim, Tompotikka, Wara Palopo.

Setelah “puas” meninjau proyek yang berada tak jauh dari gedung wakil rakyat tempat legislator Palopo itu berkantor, mereka pun bergeser ke proyek pedestrian yang ada di Jalan Andi Kambo eks Jalan Merdeka.

Disini, rombongan Komisi II itu menatap dengan cermat proyek Pedestrian yang dikerjakan oleh PT. Anugerah Pratama Konstruksi.

Cendrana Saputra, yang ikut hadir, mengatakan, pihaknya merasa kurang puas melihat perencanaan Proyek Pedestrian Jalan tersebut yang menurutnya kurang ramah lingkungan serta rentan terhadap luapan air (banjir) manakala drainase tertutup di kawasan pedestrian itu tersumbat oleh tumpukan sampah.

“Ini sedang musim hujan, warga disini tentu cemas jika drainase tertutup ini yang ada saluran air di bawahnya tersumbat oleh tumpukan sampah, harusnya ini jadi perhatian, bak kontrolnya terlalu sempit dan kecil, ditambah tidak ada upaya Normalisasi dulu sebelumnya,” kritik Cendrana, mewakili kawan-kawannya di Komisi II.

Lanjut dia, Normalisasi dan Manhole (bak kontrol) yang dikerjakan tidak sesuai dengan fungsinya, kami di Komisi 2 bakal memanggil kembali Pelaksana dan dinas terkait yang menangani pekerjaan tersebut, imbuh legislator muda Demokrat ini.

Anggota Komisi II DPRD Palopo yang ikut monitoring proyek Tahun Anggaran 2019 ini diantaranya Harisal A Latief, Budirani Ratu, Herawati Masdin, Ely Niang, H. Zubir Surasman dan Cendrana Saputra. (Iys)