Monolog Markendos IAIN Palopo Juara Harapan Pesona I di UIN SGD Bandung

61
Huswatun Hasanah, mahasiswa Prodi HES IAIN Palopo
ADVERTISEMENT

PALOPO — Pagelaran Pesona I PTKN tahun 2022 resmi ditutup pada Jum’at (13/8/2022). IAIN Palopo turut berpartisipasi dalam beberapa cabang seni dan olahraga. Salah satunya ialah Lomba Monolog.

Monolog dengan Judul Markendos karya Yusef Muldiyana yang diperankan Huswatun Hasanah, mahasiswa Prodi HES IAIN Palopo, berhasil menjadi Juara Harapan.

ADVERTISEMENT

Lomba Monolog awalnya digelar secara online. Kemudian dipilih 6 terbaik berdasarkan nilai tertinggi dari 47 peserta yang selanjutnya dilombakan lagi secara daring di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Monolog Markendos berceritakan tentang seorang gadis desa tamatan SMP yang diiming-imingi pekerjaan di Ibukota. Tak hanya itu dalam naskah Markendos juga banyak pesan terkait pelecehan seksual.

ADVERTISEMENT

“Jadi Naskah monolog Markendos ini mengangkat cerita tentang kekerasan dan eksploitasi perempuan di bawah umur. Di mana Upik yg menjadi tokoh utama cerita ini, karena desakan ekonomi rela ikut ke Ibukota setalah tamat SMP dengan niat ingin meringankan beban orang tua tapi malah dijadikan wanita penghibur,” cetus Nurhayati Usman selaku pendamping lomba tersebut.

Markendos menggambarkan realitas yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia saat ini. Sehingga mereka harus lebih waspada dalam mengambil jalan hidup.

Perlu diketahui, bahwa Huswatun Hasanah juga merupakan Duta Kampus Berbakat IAIN Palopo Tahun 2022. (eky)

ADVERTISEMENT