MPLS Dibuka Waqiran, SMPN 5 Palopo Masih Terima Siswa Baru

115
Kepala SMPN 5 Palopo, Waqiran membuka acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). (Foto : Dok. SMPN Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Kepala SMPN 5 Palopo, Waqiran membuka acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Sebelumnya SMPN 5 Palopo membuka Masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur zonasi, afirmasi, prestasi dan perpindahan orang tua.

“Untuk sementara baru 80 siswa. Dengan jumlah siswa yang ada ini kedepanya dapat menjadi siswa yang memiliki prestasi untuk membanggakan, baik untuk dirinya sendiri, orangtua, sekolah dan pemerintah,” jelasnnya.

ADVERTISEMENT

“Siswa yang sedikit tentu akan lebih mudah menanganinya. Kedua, bagi orangtua yang anaknya belum sempat mendaftar, sekolah kami masih tetap menerima siswa baru,” kata Waqiran kepada koran seruYa Senin (11/7/2022).

Menurutnya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan suatu metode yang dilakukan sekolah untuk memberikan pengenalan kepada para siswa baru.

ADVERTISEMENT

“Tujuan dari diadakannya kegiatan MPLS adalah untuk membantu siswa agar lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang nantinya akan ia gunakan untuk belajar. Seperti mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah,” jelasnya.

“Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya dan menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormatikeanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan shat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong,” pungkasnya. (ayb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT