MPLS SMPN 6 Palopo, Materi Diisi BNN, Kepolisian dan Puskesmas Mungkajang

61
SMPN 6 Palopo menggelar masa pengenalan siswa baru (MPLS). Dalam kegiatan itu, mereka mengundang, BNN, kepolisian dan Puskesmas Mungkajang untuk membawakan materi. (Foto : Dok. SMPN 6 Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO – SMPN 6 Palopo menggelar masa pengenalan siswa baru (MPLS). Dalam kegiatan itu, mereka mengundang, BNN, kepolisian dan Puskesmas Mungkajang untuk membawakan materi.

Sebelumnya SMPN 6 membuka Masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur zonasi, afirmasi, prestasi dan perpindahan orang tua.

ADVERTISEMENT

Hal itu diungkapkan Yosneny Dendang Humas SMPN 6 Palopo. Ia mengatakan di hari pertama, siswa diperkenalkan dengan seluruh stake holder sekolah mulai dari Kepala Sekolah, guru, tata usaha dan pegawai lainnya.

“Kemudian dilanjutkan dengan materi baris-berbaris atau PBB. Selain itu, siswa juga diberikan pengenalan tentang lingkungan sekolah, sarana prasarana sekolah, OSIS dan kegiatan ekstrakulikuler di sekolah. Lalu ditutup dengan materi Penyuluhan Kesehatan tentang Hidup Bersih dan Sehat serta Terhindar dari Covid-19. Pematerinya dr Cakra Sastrowardoyo dari Puskesmas Mungkajang,” katanya.

Hari kedua, kegiatan MPLS diisi dengan sosialisasi aturan-aturan dan tata tertib sekolah yang dibawakan oleh Wakasek Kesiswaan dan Humas.

“Di selingi dengan kegiatan riang gembira dan games-games ringan agar mereka tidak jenuh mengikuti kegiatan. Kemudian pada jam terakhir sekolah menghadirkan pemateri dari Kepolisian yang memberikan penyuluhan tentang Kamtibmas dan Pencegahan Tawuran serta Balap Liar. Materi ini dibawakan oleh Brigpol Darfan dari Polres Kota Palopo,” jelasnya.

Terakhir, pada hari ketiga bertindak sebagai pemateri adalah Wakasek Kurikulum yang mengenalkan Struktur Kurikulum, Program dan Mata Pelajaran yang wajib diikuti oleh siswa.

“Kemudian materi terakhir siswa diberikan Penyuluhan tentang Bahaya Narkoba. Pematerinya dari BNN Kota Palopo sebanyak dua orang yaitu Andi Werru Kambau dan Darmawati,” tuturnya.

MPLS ditutup kepala sekolah SMPN 6 Palopo. Dia berharap siswa dapat mengikuti dan mengaplikasikan materi yang sudah diberikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Mengikuti aturan dan tata tertib serta sudah mengenal lingkungan sekolah dengan baik. Di samping itu beliau juga mengharapkan siswa tidak malas, berkelahi apa lagi terlibat narkoba. Semoga kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat dan menambah informasi dan pengetahuan bagi siswa,” pungkasnya. (ayb)

ADVERTISEMENT