Mudahkan Siswa Belajar Tanpa Kuras Kuota Internet, Guru SMKN 2 Palopo Ikut Pelatihan Teknik Rekam Layar

123
Ilustrasi kegiatan siswa sebelum ada pandemi covid-19 di SMKN 2 Palopo. (Ist)
ADVERTISEMENT

PALOPO–Saat pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar tidak bisa dilakukan di kelas melainkan di rumah saja. Oleh karena itu, guru harus mengikuti perkembangan zaman dengan membuat soal online atau video pembelajaran untuk peserta didiknya di rumah.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Tetapi tidak semua guru bisa membuat soal online atau video pembelajaran karena memang ada beberapa faktor dari keterbatasan sarana, dan juga ada yang belum mengetahui aplikasi yang digunakan serta cara menggunakannya.

Maka dari itu, SMKN 2 Palopo menggelar pelatihan pembuatan media rekam layar. Dengan memanfaatkan tiga aplikasi rekam layar seperti Fastone, Bandicam, dan Camtasia.

Sementara pelaksanaanya sendiri dilakukan secara online dan offline yang diikuti oleh 38 peserta yang berlangsung sejak tanggal 1-2 Agustus lalu.

ADVERTISEMENT

Wakil Kepala Sekolah Kurikulum SMKN 2 Palopo, Ridho Widodo Wahid, S.Pd selaku narasumber mengatakan target kegiatan kali ini peserta mampu membuat media pembelajaran dengan menggunakan teknik rekam layar.

“Dari tiga aplikasi yang digunakan, peserta diharapkan agar mampu menyediakan media pembelajaran dalam bentuk video, agar lebih memudahkan dalam proses belajar siswa,” kata Ridho, Kamis (13/8/2020).

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Dengan dilaksanakannya pelatihan tersebut, ia berharap agar penyampaian materi kepada siswa tanpa harus melalui video call untuk melakukan penjelasan materi yang notabene sangat memeras kuota internet. (Rah)

ADVERTISEMENT