Muhammad Fauzi Kembali Tagih Kemenhub untuk Pengoperasian Kereta Api di Sulsel

69
Anggota DPR-RI, Muhammad Fauzi. (Dok. Muhammad Fauzi)
ADVERTISEMENT

BANDUNG — Komisi V DPR RI melakukan kunjungan spesifik ke lokasi pembangunan rel ganda dan stasiun Rancaekek, Bandung Barat, Kamis (10/2/2022).

Di kesempatan ini, Anggota DPR RI asal Dapil Sulsel III Muhammad Fauzi kembali menagih Dirjen Perkeretaapian Kemenhub soal komitmen penyelesaian kereta api di Sulsel.

“Progres pembangunan Stasiun Rancaekek harus menjadi contoh pembangunan stasiun dan rel perkeretaapian di Sulawesi Selatan, ketepatan waktu kerja dan kualitas pembangunan menjadi hal utama agar perencanaan dalam pengoperasian kereta api bisa terukur dan lebih optimal,” katanya di hadapan anggota Komisi V dan pihak Kemenhub.

Muhammad Fauzi berharap janji untuk operasional kereta api di Sulsel tahun ini tidak lagi mulur. Hadirnya kereta api dinilai akan memberikan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat.

ADVERTISEMENT

“Masyarakat bisa lebih efisien dalam waktu tempuh dan distribusi logistik sudah bisa tepat waktu, gunanya agar ekonomi masyarakat juga bisa ikut meningkat,” tambahnya.

Suami Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani ini mengatakan, prospek perkeretaapian di Indonesia sangat potensial. Sektor ini juga mampu menambah pendapatan negara di bidang transportasi,

“Bayangkan ada berapa orang setiap harinya yg menggunakan layanan transportasi kereta api,” tandasnya.

Khusus di Stasiun Rancaekek, Kabupaten Bandung Barat, Fauzi mengingatkan soal jalan dan fasilitas publik di sekitar stasiun juga harus dibenahi dan dilengkapi.

Selain itu, pelibatan tenaga kerja lokal di sekitar stasiun akan membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi masyarakat.
“Kami juga ingatkan soal asuransi para pekerja yang wajib ada, sebagai upaya preventif untuk seluruh pekerja,” tutupnya. (***)

ADVERTISEMENT