MUI Palopo Imbau Jamaah Tidak Dulu ke Masjid Salat Jumat, Patuhi Pemerintah dan MUI Pusat

1230
H Syarifuddin Daud

KORANSERUYA–Menyusul beredarnya surat imbauan MUI Pusat dan MUI Sulsel, yang dikhususkan bagi umat Islam dalam menyikapi pandemi Covid-19 yang kian mengkhawatirkan semua sendi kehidupan termasuk umat beragama, MUI Kota Palopo juga turut memberi imbauan.

Imbauan Ketua MUI Palopo, KH Syarifuddin Daud, disampaikan, Kamis (2/4/2020) saat dihubungi awak media, termasuk Koran Seruya.

“Kami imbau demi keselamatan kita semua, demi kesehatan bersama, mari kita tunaikan salat fardhu di rumah masing-masing dulu, termasuk salat Jumat (3/4) ini,” ucap Syarifuddin Daud.

Lanjut dia, “Kita mengimbau dan memberi pemahaman agar masyarakat mematuhi larangan ini agar tidak semakin bertambah banyak korban yang jatuh, yang kedua agar jamaah mematuhi imbauan pemerintah, MUI Pusat dan Provinsi untuk menjaga kesehatan diri pribadi, menjaga jarak dan tidak kontak fisik,” jelasnya.

Sehubungan polemik larangan pelaksanaan salat Jumat di masjid-masjid, MUI Provinsi Sulsel dalam edarannya mengimbau agar semua tempat ibadah umat Muslim, dalam tiga Jumat di bulan April ini (tanggal 3, 10 dan 17) untuk tidak dilaksanakan dulu dan menggantinya dengan salat Dhuhur di rumah masing-masing.

Imbauan MUI Sulsel ini diteken 1 April 2020 kemarin oleh Ketuanya, AGH Sanusi Baco Lc dan Sekretaris MUI Sulsel, Prof HM Ghalib M. (iys)