Mulai 15 Februari Mendatang, BPS Palopo Lakukan Sensus Penduduk, Begini Metodenya

417
ADVERTISEMENT

PALOPO — Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palopo pada tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020 siap melakukan pendataan sensus penduduk 2020 secara online (mandiri) dan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Saat ditemui Koran Seruya, Rabu (15/1/2020), Pelaksana Harian sekaligus Kasubbag Tata Usaha Rhadyan Gemabwana, mengatakan, kegiatan sensus penduduk ini akan dilaksanakan dengan menggunakan dua metode sekaligus yakni online dan bagi yang tidak mendata secara mandiri (online) akan didata oleh petugas secara door to door.

ADVERTISEMENT

Adapun pendataan online (mandiri) dimulai pada tanggal 15 Februari-31 Maret 2020. Sedangkan pendataan secara langsung dengan menyebar petugas akan dilakukan pada 1 – 31 Juli 2020.

“Kesuksesan sensus penduduk 2020 berada di dua titik yakni saat sensus online dan saat wawancara langsung. Diharapkan Petugas lapangan tidak hanya fokus penyelesain sensus tepat waktu, namun menjaga isian data tetap valid menjadi yang utama,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Dia menambahkan, BPS terus melakukan sosialisasi agar sensus penduduk yang dilakukan 10 tahun sekali ini berjalan lancar dan menghasilkan data yang valid.

“Data yang terkumpul nantinya akan berpengaruh ke semua aspek dalam penentuan kebijakan pemerintah. Sehingga diharapkan satu data kependudukan ini dapat terwujud baik,” pungkasnya. (And)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT