Mulai Dikerjakan, Terminal Regional Songka Palopo Bakal Telan Anggaran Sekitar Rp50 Miliar

1277
Kadishub Palopo, Andi Farid bersama Kepala Balai Pengelola Transportasi darat wilayah 19 Sulselbar, Ady Pracoyo dan PPK Pembangunan terminal, Abdul Rahim memantau lokasi pembangunan terminal.
ADVERTISEMENT

PALOPO — Pemerintah akan segera membangun terminal regional tipe A yang berada di kelurahan Songka Kecamatan Wara Selatan kota Palopo.

Kepastian pembangunan terminal ini terungkap saat Kementrian Perhubungan melalui Kepala Balai Pengelola Transportasi darat wilayah 19 Sulselbar, Ady Pracoyo dan PPK Pembangunan terminal, Abdul Rahim menemui Walikota Palopo, HM Judas Amir di ruang kerjanya, Senin (1/7/2019). Hadir juga Kadishub Palopo, Andi Farid Baso Rahim.

ADVERTISEMENT

Andi Farid mengatakan, pembangunan terminal telah dimulai pada Senin (1/7/2019) kemarin sesuai dengan kontrak kerja. Hanya saja, untuk peletakan batu pertama secara simbolis akan dilakukan oleh walikota beberapa hari ke depan.

“Rencananya, walikota Palopo bersama kementerian perhubungan akan melakukan peletakan batu pembangunan secara simbolis pada Senin (15/7/2019) mendatang,” katanya.

ADVERTISEMENT

Terminal Songka diperkirakan akan menelan anggaran sekitar Rp50 miliar hingga rampung. Namun pembangunannya dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama di tahun 2019 ini, dianggarkan dari Anggaran Pemerintah Belanja Negara (APBN) sekitar Rp2 miliar lebih. “Anggaran ini digunakan untuk penimbunan, pematangan lahan hingga pemasangan talud,” jelas Andi Naki sapaan akrab Kadishub Palopo.

Andi Naki juga menambahkan kabar gembira pembangunan terminal yang akan mengangkut penumpang antar kota dan antar provinsi tersebut. Kabar gembira yang dimaksud, untuk pembangunan tahap kedua di tahun 2020 mendatang, pemerintah pusat melalui kemenhub kembali akan mengalokasikan anggaran sekitar Rp40 miliar. “Itu baru rencana, jika sesuai, terminal ini akan kembali mendapatkan dana sebanyak itu. Itu informasi dari kepala balai,” jelasnya.

Jika pembangunan terminal Songka nantinya rampung, kota Palopo akan memiliki dua terminal. Satunya adalah terminal Dangerakko yang berada di kecamatan Wara. Terminal ini memiliki tipe C.

Diketahui, pada bulan Februari 2019 lalu, Komisi II bersama Dinas Perhubungan Kota Palopo mendatangi Balai Transportasi Darat Wilayah XIX Sulselbar di Jalan Perintis Kemerdekaan KM 12 Makassar. DPRD Kota Palopo saat itu mendesak perampungan pembangunan terminal regional yang telah menelan anggaran pembangunan miliaran rupiah dari pemerintah.

Pembangunan terminal tipe A ini telah dirancang sejak tahun 2005 lalu. Kemudian di tahun 2011, 2012, 2013, dan di tahun 2014 hingga tahun 2016 dilakukan proses pembangunan secara bertahap. Akses menuju terminal juga sudah dibuka. (asm)

ADVERTISEMENT