Musda Ikat Palopo, Daniel Ramba Didaulat Jadi Ketua

114
katan Keluarga Toraja (IKAT) Palopo menggelar Musyawarah Daerah (MUSDA) III untuk memilih pengurus IKAT Palopo periode 2022-2025. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Aula Sakotae, Rabu (24/8/2022). (Foto : Junias Sain)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) Palopo menggelar Musyawarah Daerah (MUSDA) III untuk memilih pengurus IKAT Palopo periode 2022-2025. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Aula Sakotae, Rabu (24/8/2022).

Dalam Musda itu, Daniel Ramba terpilih menjadi Ketua IKAT Palopo untuk masa bakti 2022-2025. Sementara Sekretaris IKAT Palopo ialah Martinus dan Bendahara dijabat Arief.

ADVERTISEMENT

Hadir dalam kegiatan itu Ketua Ikat Tana Luwu, Antonius Dengen, Sekda Palopo Firmanza, Anggota Ikat Palopo, Perwakilan dari pengurus IKAT Luwu dan Ikat Luwu Utara.

Daniel Ramba mengucapkan terima kasih atas amanah yang diberikan padanya untuk memimpin IKAT Palopo. Dia juga meminta kepada seluruh pengurus dan orang-orang Toraja di Palopo untuk membesarkan IKAT di Kota Idaman.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Ketua IKAT Tana Luwu, Antonius Dengen dalam sambutannya mengatakan untuk tetap melestarikan dan menjaga budaya dari leluhur orang Toraja dimana setiap hal atau masalah dibawa di tongkonan untuk dibicarakan secara musyawarah untuk mufakat.

“Melalui musda ini saya ingat kita mengenang kembali apa yang disampaikan orang tua kita yakni kalau ada suatu hal yang perlu dibicarakqn biasanya dibawa ke rumah tongkonan untuk bicarakan dan solusi terbaik adalah musyawarah untuk mufakat,” jelas Antonius Dengen.

Senada dengan hal itu Penasehat IKAT Luwu Utara, Palebangan juga mengajak kepada para peserta Musda untuk menjadikan kegiatan ini untuk menyatukan masyarakat Toraja bukan untuk mencerai beraikannya.

“Jadikan Musda ini untuk menyatukan kita semua, bukan untuk mencerai beraikan kita. Lewat Musda ini kami dari IKAT Luwu Utara dan IKAT se-Tana Luwu untuk segera membuat rekomendasi IKAT nusantara di pusat agar segera deklarasikan,” ujarnya. (yonk/jun)

ADVERTISEMENT