Permudah Pemohon Ijin di Musim Corona, DPMPTSP Palopo Berlakukan Layanan SMS Gateway

313
Layanan SMS Gateway permudah pemohon ijin di MPP yang dikelola DPMPTSP Palopo. (Foto: Iccank)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Masa-masa sulit bagi dunia usaha maupun masyarakat biasa di kala wabah virus corona belum menampakkan tanda-tanda akan segera berakhir, tidak lantas membuat beberapa layanan terkait kepentingan publik harus ikut melempem.

Buktinya, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau DPMPTSP kota Palopo belum lama ini sudah menerapkan sistem SMS Gateway, dimana dengan sistem ini para pemohon perijinan bisa langsung secara realtime mengetahui besaran ongkos yang musti dikeluarkan dan item-item berkas persyaratan apa saja yang harus dipenuhi (dilengkapi) oleh pemohon.

Dihubungi KORAN SERUYA di Mal Pelayanan Publik (MPP) kawasan lapangan Pancasila, Tompotikka Wara, Kamis 30 April 2020, Plt Kepala DPMPTSP Palopo Muslimin Hasyim SE mengatakan bahwa layanan ini dalam upaya kantor yang mengurusi sedikitnya 22 layanan perijinan itu agar lebih mudah, lebih cepat, smart dan transparan sehingga tidak membuka peluang untuk praktik-praktik “kongkalikong” antara pemohon dan staf DPMPTSP.

“Dengan layanan ini diharapkan para pemohon lebih mudah, cepat dan efisien serta transparan, karena kekuranglengkapan berkas maupun data-data dari pemohon bisa langsung diberitahukan, tanpa harus datang ke kantor (MPP) untuk mengecek,” jelas Muslimin.

ADVERTISEMENT

Prosesnya, Muslimin lanjut menerangkan, Pemohon yang telah memasukkan berkas, maka nomor handphonenya akan dimasukkan ke data server, setelah itu bakal dihubungi manakala berkasnya masih kurang, atau misalnya surat permohonan ijin yang ia ajukan dinyatakan telah memenuhi syarat.

“Jika sudah memenuhi syarat, Pemohon ya sisa datang saja ke kantor (MPP) untuk mengambil ijinnya yang sudah terbit. Di SMS Gateway ini kami kirimkan pula besaran jumlah biaya yang harus dibayar misalnya untuk ijin IMB, sehingga Pemohon bisa langsung ke Bank Sulselbar untuk melakukan transaksi pembayaran, setelah itu datang ke kantor mengambil ijin IMB dimaksud dengan memperlihatkan struk pembayaran,” terangnya.

Sistem ini adalah bagian dari tekad DPMPTSP Palopo untuk selalu menjadi yang terbaik dalam mewujudkan clean and good governance lewat sejumlah inovasi, dimana SIMAP atau Sistem Manajemen Informasi Administrasi Perijinan ini terintegrasi dengan database seluruh daerah pengelola MPP.

“SMS Gateway ini, di musim pandemi coronavirus sangat bermanfaat karena masyarakat memang dianjurkan untuk stay at home, menjaga jarak atau physical distancing dan tidak berkumpul dulu untuk sementara waktu,” tutupnya. (iys)

 

Catatan Redaksi: Layanan Hotline DPMPTSP Palopo 0813-3899-4700

ADVERTISEMENT