Musrenbang Tingkat Kecamatan Diawali di Wara dan Wara Utara, Permasalahan dari Musrenbang Kelurahan Mulai Diinventarisir

33
PALOPO–Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan mulai digelar di kota Palopo.

Musrenbang diawali dari kantor kecamatan Wara, Jl. Guttu Patalo, Senin (10/02/2020) dan kecamatan Wara Utara Selasa (11/02/2020), kemarin.

Kegiatan ini adalah hal yang rutin dilakukan, yang saban tahunnya diadakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) kota Palopo.

Dalam dua Musrenbang tersebut, tampak dihadiri berbagai tokoh masyarakat dan OPD lainnya dalam lingkup pemerintahan Setda kota Palopo.

Dari Musrembang Kecamatan tersebut, terdapat beberapa keluhan masyarakat yang menjadi perhatian serius pemerintah, diantaranya terkait penanganan masalah banjir serta drainase dan lainnya.

Di kecamatan Wara, kota Palopo misalnya, terdapat lima kelurahan rawan bencana. Diantaranya kelurahan Boting, kel. Lagaligo, kel. Tompotika, kel. Pajalesang, dan Kel. Ammasangan.

Kepala Bidang Perencanaan Makro Bappeda Palopo, Hendri kepada KoranSeruya mengatakan, Musrenbang Kecamatan ini digelar guna menghimpun kebutuhan warga, didasari oleh Musrenbang tingkat kelurahan yang sudah dilakukan sebelumnya.

“Terkait permasalahan tersebut, khususnya penanganan banjir dan drainase, solusinya, dinas terkait diminta untuk melakukan pendataaan terhadap masalah yang ada. Dinas dimaksud adalah dari Dinas PUPR Cipta Karya, Lingkungan Hidup, dan BPBD alias Badan Penanggulangan Bencana Daerah,” kata Hendri.
Ia melanjutkan, hasil-hasil Musrenbang Tingkat Kecamatan akan dibawa ke Forum Lintas Perangkat Daerah pada 24-25 Februari 2020.
Hadir di Musrenbang Kecamatan Wara selain Camat Wara Rustam Lalong, juga nampak Kabid Perencanaan Makro Hendri beserta tokoh masyarakat, LPMK. Lurah dan RT/RW serta Danramil, Babinsa dan Kamtibmas. Sedangkan dari OPD turut hadir Kadis Perindustrian Akkaseng, perwakilan dari dinas kesehatan, dan Kepala Dinas Sosial, Awaluddin.
Direncanakan, setelah 9 kecamatan melakukan Musrenbang, maka Musrenbang Tingkat Kota Palopo akan mulai digelar pada minggu keempat Maret 2020, sesuai termaktub dalam Permendagri nomor 86/2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.
Jadwal Lengkap Musrenbang Kecamatan se kota Palopo
 
1. Kecamatan Wara, Senin (10/2)
2. Kecamatan Wara Utara, Selasa (11/2)
3. Kecamatan Wara, Selatan, Rabu (12/2)
4. Kecamatan Wara Barat, Kamis (13/2)
5. Kecamatan Wara Timur, Jumat (14/2)
6. Kecamatan Bara, Senin (17/2)
7. Kecamatan Wara Mungkajang, Selasa (18/2)
8. Kecamatan Sendana, Rabu (19/2)
9. Kecamatan Telluwanua, Kamis (20/2)
(iys)