Nahkoda Kapal Nelayan di Palopo Dibekali Ilmu Hukum dan Keselamatan Pelayaran

100
Asisten II, Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ilham Hamid mewakili Walikota Palopo, HM Judas Amir membuka Diklat Basic Savety Training (BST) dan Surat Keterangan kecakapan 60 mil (SKK 60 Mil) bagi anak nelayan. (Dok. Pemkot Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Asisten II, Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ilham Hamid mewakili Walikota Palopo, HM Judas Amir membuka Diklat Basic Savety Training (BST) dan Surat Keterangan kecakapan 60 mil (SKK 60 Mil) bagi anak nelayan. Kegiatan itu berlangsung di Hotel Harapan Palopo, Senin (14/02/2022).

Pelatihan SKK ini merupakan pembekalan bagi para Nahkoda kapal nelayan, tentang penerapan Hukum laut, dan juga keselamatan pelayaran. Hal ini dilakukan, sebab Nahkoda bertanggung jawab penuh, terhadap kapal dan muatan di dalamnya selama melakukan pelayaran penangkapan ikan.

ADVERTISEMENT

Asisten II menyampaikan Pendidikan dan pelatihan Diklat BST dan SKK 60 mil bagi anak nelayan, dapat dimaknai sebagai upaya pemberian kemampuan kepada warga masyarakat yang membutuhkan, untuk kegiatan wira usaha. Dengan begitu, masyarakat dapat mengurangi kemiskinan dan pengangguran.

“Dengan mengikuti pelatihan ini, maka peserta akan memiliki seperti SIM di laut, sehingga tidak bisa ditangkap oleh Polisi Perairan dan Udara (Polairud), karena sudah memiliki kelengkapan persyaratan yang ditetapkan pemerintah,” katanya.

Turut hadir para pemateri dari Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, para pemerhati dan stakeholder, serta tamu undangan lainnya. (Kominfo)

ADVERTISEMENT