Naik Status, Akper Sawerigading Palopo Siap Jadi Politeknik

174
Akademi Keperawatan (Akper) Sawerigading menggelar wisuda angkatan XX tahun akademik 2020/2021 di gedung serbaguna Sinar Setuju, jalan Pemuda, Songka Kota Palopo, Sabtu (22/1/2022). (ist)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Akademi Keperawatan (Akper) Sawerigading menggelar wisuda angkatan XX tahun akademik 2020/2021 di gedung serbaguna Sinar Setuju, jalan Pemuda, Songka Kota Palopo, Sabtu (22/1/2022).

Direktur Akper Sawerigading, Hj Warda dalam laporan akademiknya menyampaikan sejumlah prestasi yang didapatkan Akper Sawerigading, mulai dari kinerja tata pamong, bidang kemahasiswaan, pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

ADVERTISEMENT

Pada indikator tata pamong, Direktur Akper Sawerigading menerangkan bahwa pada tahun 2020 mendapatkan penghargaan AWARDS sebagai akademi terbaik dari LLDIKTI wilayah 9 dengan capaian tertinggi dosen tersertifkasi Nasional dan jabatan fugsional pada kategori Akademi.

Sementara bidang kemahasiswaan dan pendidikan, capaian yang diraih Akper Sawerigading yaitu peningkatan jumlah mahasiswa dibandingkan tahun sebelumnya dimana jumlah mahasiswa baru pada tahun akademik 2019/2020 sebanyak 85 orang meningkat 55 persen pada tahun akademik 2020/2021 sebanyak 155 orang.

“Peningkatan jumlah mahasiswa ini dipicu oleh adanya citra positif Akper Sawerigading dalam menjaga mutu akademik dan kebijakan pemberian beasiswa dari Kemendikbud melalui LLDikti Wilayah 9,” Terang Warda.

Prestasi berikutnya yaitu pada tahun 2020 Akper Sawerigading mendapatkan penghargaan dari LLDIKTI wilayah 9 sebagai akademi dengan tingkat kelulusan ujian kompetensi Nasional tertinggi. Reputasi ini tetap terjaga melalui implementasi standar mutu pendidikan Nasional dengan motto kami “one Shoot Goal” sehingga pada tahun 2021 wisudawan Akper Sawerigading 100 persen lulus ujian kompetensi.

“Di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, dosen Akper Sawerigading telah melalukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Akper Sawerigading Peduli Covid-19 yang dipusatkan di desa Padang Tuju, Kecamatan Noling, Kabupaten Luwu melalui berbagai kegiatan yang diapresiasi oleh pemerintah Desa Padang Tuju,” jelasnya.

Sementara itu, Pembina Yayasan Batara Guru, Andi Mudzakkar dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini Akper Sawerigading sedang berupaya meningkatkan status dari Akademi Keperawatan menjadi Politeknik.

“Sebagai yayasan yang menaungi Akper Sawerigading, kami yakin bahwa dengan perubahan status dari Akper ke Politeknik, Sawerigading sebagai perguruan tinggi akan semakin baik dalam menciptakan alumni-alumni yang berkompeten dan profesional,” ucap Cakka sapaan Akrab mantan Bupati Luwu 2 periode tersebut.

Sementara Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso dalam sambutannya memberikan selamat kepada para wisudawan dan orang tuanya. Ia berpesan kepada wisudawan untuk persiapkan diri menjadi perawat profesional yang dapat beradaptasi terhadap perkembangan teknologi.

“Kepada yayasan dan direktur serta jajaran civitas academik, saya ucapkan terima kasih atas pengabdian dan dedikasi memcetak sarjana keperawatan yang akan mendukung program pemerintah khususnya di bidang kesehatan,” ucap Rahmat.

RMB juga mengapresiasi dan siap memberikan support atas rencana yayasan yang sementara dalam proses meningkatkan status akademi menjadi politeknik sawerigading.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 9 Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara yang diwakili oleh Kepala Sub koordinator Kelembangaan Ramli mengatakan bahwa LLDIKTI siap mendukung dan membantu proses perubahan bentuk yang tengah dilakukan Akper Sawerigading.

“melihat capaian dan perkembangan Akper Sawerigading saat ini, LLDIKTI akan sangat mendukung dan siap membantu Akper Sawerigading agar tahun ini dapat berubah bentuk menjadi Politeknik,” tegasnya. (rls)

ADVERTISEMENT