Nelayan Luwu Utara Terima Kunci Rumah dari Bupati

191
Salah satu nelayan yang menerima bantuan rumah dari Pemkab Luwu Utara

MASAMBA — Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan telah membangun 50 unit rumah khusus untuk nelayan Desa Tamuku Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Setelah dinyatakan siap huni hari ini, Senin (22/072019), Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, melakukan serah terima kunci rumah khusus nelayan tersebut kepada 50 nelayan penerima manfaat.

“Ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Daerah dalam peningkatan kesejahteraan nelayan, terlebih karena Pemda menargetkan agar tidak ada lagi kawasan kumuh khususnya di sekitar pesisir. Diharapkan agar penerima manfaat ini selalu bersyukur, cara bersyukur paling baik yaitu dengan memanfaatkan, merawat, dan menjaga kebersihan bangunan agar pemanfaatannya bertahan lama,” tutur Bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Dengan adanya rumah khusus nelayan ini, lanjut Indah, beban pemerintah sedikit berkurang sebab nelayan yang ada di Desa Tamuku tidak perlu lagi risau memikirkan keluarga di rumah apabila hendak melaut. Akib (55) salah satu penerima manfaat mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR, terkhusus Bupati Luwu Utara yang telah memfasilitasi dan mendorong usulan sehingga dibangun rumah khusus bagi nelayan hasil kolaborasi Pemda dan Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Syamsul Syair mengatakan 50 unit rumah tersebut menelan anggaran Rp. 4,6 M yang berasal dari APBN T.A 2018. “Dengan rincian 1 unit rumah type 28 ini sekitar Rp 130jt. Adapun lahan merupakan tanah yang dihibahkan masyarakat,” terang Syamsul.

Diketahui, total rumah nelayan di Luwu Utara sebanyak 162 unit. Masing-masing 56 unit rumah nelayan di Desa Pengkajoang Kecamatan Malangke Barat, 56 unit di Desa Poreang Kecamatan Tanalili, dan 50 unit di Tamuku yang hari ini resmi dimanfaatkan. (hms/adn)