Nelayan Palopo Ikuti Diklat Keselamatan Melaut

479
Walikota Palopo, HM Judas Amir mengalungkan secara simbolis tanda peserta diklat.
ADVERTISEMENT

PALOPO — Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar menggelar Diklat pemberdayaan masyarakat atau Diklat terkait Dasar-dasar Keselamatan Kapal Tradisional Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BST KLM) serta kecapakan Kapal Tradisional melalui pendidikan dan sertifikasi SKK 60 Mil, yang dilaksanakan di Gedung Saodenrae Convention Center (SCC) Kota Palopo, Senin (11/3/2019).

Walikota Palopo, HM Judas Amir menyampaikan selamat datang kepada Wakil Direktur 2 PIP Makassar, Capt Asnam Rohadi sekaligus berterima kasih atas upaya memberikan ilmu pemahaman terkait keselamatan di laut kepada keluarga dan masyarakat nelayan di Kota Palopo.

ADVERTISEMENT

“Besar harapan kita, melalui pelatihan ini para pelaut atau nelayan bisa bekerja dengan baik untuk keluarga sekaligus menjaga diri dalam bekerja agar selalu aman,” ungkap Judas.

Judas juga meminta kepada para peserta diklat agar betul-betul mengikuti pelatihan ini dengan baik hingga selesai. Karena diklat tersebut akan sangat bermanfaat bagi para nelayan.

ADVERTISEMENT

“Tidak semua bisa mengikuti dan mendapat kesempatan seperti ini, jadi saya harap kepada para peserta untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan diklat dengan baik hingga selesai karena pelatihan ini sangat berharga,” pesan Judas.

Ditambahkan Judas, diklat ini merupakan kali pertama dilaksanakan oleh PIP Makassar di Kota Palopo. Artinya ini merupakan penghargaannya kepada Kota Palopo dan besar harapan kegiatan diklat seperti ini tidak hanya kali ini dilaksanakan oleh PIP Makassar, namun secara berkelanjutan.

Sementara itu, Wakil Direktur 2 PIP Makassar, Capt Asnam Rohadi saat membuka kegiatan diklat menyampaikan bahwa kegiatan tersebut, adalah program pemerintah di mana semua peserta diklat tidak dibebankan biaya.

“Ini program kementerian perhubungan yang khusus memberikan perhatian kepada para masyarakat nelayan di mana tahun ini SDM yang kita gerakkan dan menjadi program utama,” jelasnya. Ke depannya, tambah Asnam, PIP Makassar akan membuat program yang sama dengan kementerian perhubungan. Dan terkait pelaksanaan diklat di Kota Palopo, karena di PIP Makassar ada putra daerah dari Palopo sehingga Palopo menjadi prioritas.

Kepada para peserta, Asnam juga berpesan agar semua kegiatan pelatihan diikuti. Karena dari pihak Kementerian Perhubungan tidak menginginkan adanya kecelakaan-kecelakaan sedikitpun di laut. “Kita tidak ingin terulang lagi kejadian seperti di beberapa daerah lain di mana sudah beberapa kapal kena musibah terbakar,” ungkapnya.

Berdasarkan data diklat tersebut dihadiri 85 peserta dari 200 kuota peserta yang disiapkan dan dilaksanakan hingga tanggal 16 Maret 2019. Dan melalui Diklat SKK 60 MIL ini, semua peserta akan mendapatkan sertifikat resmi dari Kementerian Perhubungan.
Kegiatan diawali dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar dengan Walikota Palopo, HM Judas Amir didampingi Kadis Perikanan dan Kelautan Kota Palopo, Ilham Hamid disaksikan para peserta diklat. (asm)

ADVERTISEMENT