Nestapa Saipul Jamil, Desakan Boikot Tampil di TV Makin Meluas… Eks Napi Pelecehan Seksual Anak Dibawah Umur Disambut Bak Pahlawan Bebas dari Penjara

117
Saipul Jamil
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Usai bebas dari Lapas Cipinang, pedangdut Saipul Jamil kini ramai jadi sorotan. Petisi boikot Saipul Jamil nongol di TV dan Youtube terus mendapat dukungan publik. Tak sedikit artis ikut menolak Saipul Jamil tampil di TV, termasuk banyak tokoh mengecamnya.

Tampilnya Saipul Jamil di salah satu stasiun TV swasta bersama Lesti Kejora, Minggu (5/9/2021) langsung menuai reaksi publik. Stasiun TV yang mengundang Saipul Jamil dikecam. Bahkan, beberapa pihak memutuskan kerjasama dengan TV tersebut.

ADVERTISEMENT

Komika Ernest Prakasa misalnya, salah satu pesohor yang mengecam TV yang mengundang Saipul Jamil. Bahkan Ernest mempertanyakan sikap Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sebagai lembaga penyelenggaraan penyiaran di negeri ini, agar menyikapi TV swasta yang memberi ruang untuk mantan terpidana pelecehan seksual anak di bawah umur itu.

Bahkan Ernest mengaku prihatin lantaran Saipul Jamil yang bebas dari Lapas Cipinang disambut bagai pahlawan. “Mantan narapidana pelecehan seksual di bawah umur, disambut bagai pahlawan di televisi. Ke mana KPI?,” kata Ernest dikutip dari akun @ernestprakasa, Minggu (5/9/2021).

Sutradara Angga Sasongko bahkan lebih tegas. Dia langsung mengumumkan menghentikan kesepakatan distribusi film Nussa dan Keluarga Cemara dengan stasiun TV yang mengundang Saipul Jamil. Dia mengecam stasiun TV mengundang mantan suami Dewi Persik tersebut karena dinilai tidak menghormati korban pelecehan seksual yang dilakukan Saipul Jamil.

Sikap yang sama ditunjukkan komika Arie Kriting. Dia juga dengan tegas menolak kerjasama dengan stasiun TV yang telah memberikan panggung kepada Saipul Jamil. Sikap tegas tersebut dilontarkan langsung Arie Kriting melalui satu unggahan video di akun Instagram pribadinya @arie_kriting.

Dalam unggahannya, pemain film ‘Comic 8’ itu membagikan tangkapan layar dari salah seorang kru TV. Berawal dari karyawan TV tersebut meminta izin untuk mengambil potongan video di Instagram milik Arie Kriting.

“Hello, kami dari tim WARGA +62 Trans7 memohon izin dapatkah kami menggunakan beberapa potongan video ini untuk tayangan pendukung dalam program kami? Dan tentunya Kami akan cantumkan nama chanel Instagram anda pada tayangan WARGA +62 Trans7. Kami menunggu tanggapan Anda, Sebelumnya kami ucapkan terima kasih,” ujar seorang kru TV tersebut.

Menjawab WA tersebut, dengan tegas Arie Kriting menolak potongan video miliknya ditayangkan di TV tersebut. Penyebabnya karena TV itu telah memberikan panggung kepada Saipul Jamil. “TV kalian ngasih ruang untuk pedofil dan pelaku pelecehan untuk disambut kembali selayaknya pahlawan. Nggak usah munculin apa-apa dari saya,” tegasnya.

Menariknya, Najwa Shihab ikut menyorot pembebasan Saipul Jamil usai mendekam 5 tahun di penjara karena kasus kasus kekerasan seksual terhadap remaja dan suap panitera. Lewat unggahan Instagram, pembawa acara Mata Najwa ini mengunggah video berjudul Glorifikasi dan Bahaya Normalisasi Kekerasan Seksual.

Atas pembebasan Saipul Jamil yang seolah dirayakan ini, Najwa Shihab dalam captionnya menulis, sambutan tersebut dapat berpotensi membuat publik maklum atas aksi kekerasan yang dilakukan artis 41 tahun itu terhadap korban.

Presenter sekaligus YouTuber ternama Deddy Corbuzier tak ketinggalan. Dia juga turut mengomentari penyambutan bebasnya pedangdut Saipul Jamil dari penjara.
Dalam unggahan Instagram Story akun pribadinya, @mastercorbuzier, Minggu (5/9/2021), Deddy mengunggah foto Saipul saat bebas sambil menulis, “Luar biasa… Menang medali emas?!”

Selain itu, dia tak setuju Saipul Jamil yang notabene merupakan mantan narapidana kasus pencabulan, kembali berkarier di dunia hiburan dan tampil di ruang publik.

Diketahui, pedangdut Saipul Jamil menghirup udara bebas setelah menjalani hukuman selama delapan tahun penjara di Lapas Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur pada Kamis, 2 September 2021. Saat bebas, Saipul dijemput oleh kekasihnya Indah Sari dengan menggunakan mobil Porsche merah. Ia juga dikalungi karangan bunga. Tidak hanya itu, Saipul juga langsung diundang ke berbagai acara di televisi dan YouTube. (***)

ADVERTISEMENT