Oknum Dosen Diduga Palak Mahasiswanya, Minta Dibeliin Bunga Harga Rp800 Ribu, Syarat Supaya Urusan Skripsi Lancar?

203
ADVERTISEMENT

MAKASSAR–Seorang oknum dosen di kota Makassar diduga memalak mahasiswanya. Modusnya dengan meminta dibawakan tanaman hias yang harganya cukup mahal.

Kata kerabat dekat mahasiswa yang mengaku dipalak, tanaman hias itu adalah “syarat” untuk melakukan konsultasi skripsi dalam rangka penyelesaian masa studi mahasiswa.

ADVERTISEMENT

Muhammad Aldi, kerabat mahasiswa tersebut menyampaikan, seperti dilansir Koran Seruya dari SindoNews.com edisi 1 Februari 2021, bahwa keponakannya berinisial W dipersulit oleh oknum dosen itu sejak akhir 2019 sampai sekarang.

Miris karena oknum dosen juga berstatus pejabat, yakni Wakil Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar. Oknum dosen di Jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan itu berinisial GNH.

ADVERTISEMENT

Masih kata kerabat dekat mahasiswa yang dipalak, pihaknya juga mengidentifikasi, sedikitnya ada tiga mahasiswa yang pernah jadi korban pemalakan oknum dosen tersebut.

Semuanya diminta membawa tanaman hias beragam jenis dengan harga yang bervariasi, jika mahasiswa di jurusannya ingin melakukan konsultasi skripsi. Waduh!

“Keponakan saya diminta membawa bunga keladi dan kuping gajah dengan harga Rp400.000. Kalau temannya diminta bawa bunga aglonema dua jenis seharga Rp800.000,” ucap dia, Senin (1/2/2021).

Aldi bilang, persoalan itu sudah pernah dilaporkan ke Rektor UIN Alauddin Makassar melalui perantara kerabatnya.

Hanya saja, belum ada langkah konkret untuk menyelesaikan permasalahan tersebut hingga saat ini.

Ia berharap, pimpinan kampus bertindak tegas sehingga persoalan ini tidak menimpa mahasiswa lainnya lagi.

(*/iys)

ADVERTISEMENT