OPINI : Hardiknas dan Ketokohan Ki Hajar Dewantara Hingga ke Sosok Basmin Mattayang

236
ADVERTISEMENT

OLEH :Faisal M Alulu (Sekertaris MPC PP Luwu)

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

HARI Pendiidkan Nasional yang kita rayakan setiap tanggal 2 Mei tak lepas dari sosok Ki Hajar Dewantara yang kita kenal sebagai Bapak Tokoh Pendidikan, beberapa hal yang kita masih ingat sampai hari ini adalah dimana beliau mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa, dan semboyan pendidikan yaitu Ing Ngarso Sung Tuladha. Ing Madya Mangun Karsa. Tut Wuri Handayani (Di depan menjadi teladan, di tengah membangun semangat, di belakang memberikan dorongan).
npa tanda jasa mencerdaskan bangsa.

Dunia pendidikan tak lepas dari para pengajar alias guru, para pejuang tulus tanpa tanda jasa yang mencerdaskan kehidupan bangsa. Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah. Pendidikan tak berhenti di bangunan sekolah saja, tapi juga di rumah, di jalan, dan di mana-mana adalah ruang untuk belajar sehingga muncullah semboyan kita bahwa Pengalaman adalah Guru yang terbaik, hal inilah yang menjadi cambuk pemerintahan kita sejak reformasi dengan terus menggodok UU sehingga melahirkan UU SISDIKNAS guna memacu para guru untuk terus berinovasi dalam memberikan pelajaran kepada siswanya.

Hal ini pula yang menjadi prinsip bapak H. Basmin Mattayang yang mana sebelum beliau menjabat sebagai Bupati Luwu periode 2019-2024 beliau sangat dikenal sebagai sosok tokoh pendidikan di Sulawesi Selatan yang mana beliau telah banyak menghasilkan Inovasi di bidang Pendidikan terbukti dengan beliau bisa mendirikan sebuah Yayasan Pendidikan Katangka Sulawesi Selatan dengan membuat SMK pelayaran Katangka Makassar yang telah berdiri sejak tahun 1996 dan masih bisa eksis hingga saat ini dengan menghasilkan Alumni yang telah sukses menjadi Pelaut Ulung dan Handal bukan cuma di Nasional bahkan tidak sedikit alumninya eksis di Dunia Maritim Internasional, kemudian beliau mengambil inisiatif untuk kembali mendirikan sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Datu Kamanre karena beliau sangat tau bahwa Luwu punya potensi anak muda yang minat bakatnya mengabdi di dunia kesehatan.

ADVERTISEMENT

Saat ini beliau telah menjabat sebagai Bupati Luwu Periode 2019-2024 tentu banyak hal yang menjadi cita cita beliau dalam mewujudkan Kab Luwu yang Maju Pendidikannya Bersaing Sumber Daya Manusianya dan sejahtera masyarakatnya, karena beliau sangat meyakini melalui dunia pendidikanlah beliau bisa mengangkat harkat dan martabat masyarakat luwu, harapan kami selaku masyarakat awam berharap seluruh insan pendidikan di kab Luwu dapat menyambut dan mengambil peran aktif bersama Pemerintahan Kab Luwu saat ini dalam memajukan dunia pendidikan sehingga tahun yang akan datang luwu akan menghasilkan generasi muda yang bisa bersaing bahkan mampu berinovasi di Nasional bahkan Internasional.

Sebagai penutup tulisan ini kami berdoa dan berharap agar dunia pendidikan di tana luwu khususnya di Kab Luwu yang kita cintai dapat terus maju dan berkembang jika berpadunya antara Pemimpin Daerah dan Penggiat Pendidikan Baik itu Guru ASN maupun Honorer, sekali lagi selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional sukses terus untuk seluruh tenaga kependidikan di Kab Luwu, SalamaQTappadaSalama. (*)

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

ADVERTISEMENT